Liga Inggris

Jadi Penentu Kemenangan Brighton di Piala FA, Evan Ferguson Disanjung Roberto De Zerbi

Rabu, 1 Maret 2023 11:54 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Toby Melville
Roberto De Zerbi senang dengan penampilan anak asuhnya, Evan Ferguson. Foto: Reuters/Toby Melville. Copyright: © Reuters/Toby Melville
Roberto De Zerbi senang dengan penampilan anak asuhnya, Evan Ferguson. Foto: Reuters/Toby Melville.

INDOSPORT.COM – Roberto De Zerbi menyanjung Evan Ferguson sebagai pemain ‘unik’ usai menjadi penentu kemenangan Brighton & Hove Albion di putaran kelima Piala FA.

Berlangsung di Stadion Britannia, Rabu (01/3/23) dini hari WIB, Brighton mengalahkan Stoke City 1-0 yang gol kemenangannya dibukukukan oleh Evan Ferguson pada menit ke-30.

Evan Ferguson merupakan salah satu bintang muda yang berhasil dilahirkan The Seagulls musim ini, karena telah mencetak lima gol dan tiga assist di semua kompetisi dengan usia yang masih 18 tahun.

Padahal, pemain Timnas Irlandia itu baru melakoni 12 pertandingan bersama Brighton sejak diangkat ke tim utama pada musim panas 2022.

Hanya saja, sejak awal Evan Ferguson tidak langsung diturunkan sehingga pada awal kedatangannya di tim utama, dia kerap tidak dimasukan dalam skuad Roberto De Zerbi.

Debutnya sebagai pemain di tim utama Brighton terjadi ketika dia ikut mencetak satu gol dan satu assist untuk mengalahkan Forest Green di Piala Carabao, Rabu (24/8/22).

Sejak saat itu, Ferguson mulai mencicipi Liga Inggris (Premier League) saat membantu The Seagulls mengalahkan Southampton dengan skor 1-3, akhir Desember 2022 lalu.

Berangkat dari saja, De Zerbi mulai berani menurunkan Ferguson dalam pertandingan penting seperti saat melawan Arsenal dan Liverpool.

Ajaibnya, dia mampu mencetak gol saat melawan Arsenal meskipun berakhir dengan kekalahan, sedangkan menghadapi Liverpool, ia memberikan satu assist untuk membantu mengamankan kemenangan 3-0.

Oleh karena itu, Roberto De Zerbi tak ragu untuk mengungkapkan jika Evan Ferguson merupakan bakat muda terbaik Brighton & Hove Albion dengan kemampuan ‘unik’.