Bola Internasional

Media Vietnam Sebar Gosip Shin Tae-yong Bakal Diganti, Erick Thohir: Jangan Terprovokasi

Rabu, 1 Maret 2023 07:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport
Shin Tae-yong pelatih Timnas U-20. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport
Shin Tae-yong pelatih Timnas U-20.

INDOSPORT.COM - Media Vietnam mengklaim Ketua Umum PSSI, Erick Thohir tidak akan memperpanjang kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Media itu juga mengatakan, sudah ada calon pengganti.

Soha.vn menyebut, kontrak Shin Tae-yong akan berakhir tahun ini atau pada Desember nanti. Posisi Shin dikatakan tidak aman karena sosok yang selama ini 'melindunginya' yakni Mochamad Iriawan tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

Rekor Shin bersama Timnas Indonesia disebut tidak cukup mengesankan atau meyakinkan Erick Thohir. Sebab, pelatih asal Korea Selatan itu gagal juara di dua edisi terakhir Piala AFF, begitu pula di SEA Games 2021 yang hanya meriah medali perunggu.

Mengetahui rumor yang disebar media Vietnam, Erick Thohir pun angkat bicara. Dia mengatakan negara pesaing memang ingin konsentrasi PSSI dan Timnas Indonesia terpecah.

Oleh sebab itu, Ketum PSSI mengingatkan media nasional, suporter dan seluruh stakeholder sepak bola Indonesia agar tidak terprovokasi. 

"Saya berharap media di Indonesia jangan terprovokasi dengan media pesaing kita, negara lain, yang membuat isu-isu tak penting. Contoh, satu dua hari ini saya dapat (berita) oh sudah ada pengganti coach Shin Tae-yong," kata Erick Thohir.

"Hal ini sengaja digulirkan oleh orang yang tidak mau kita sukses. Kita harus bersatu, ayok kita sama-sama," imbuhnya.

Pria yang juga Menteri BUMN itu menegaskan, ia dan PSSI tidak anti kritik. Tapi, berita yang diangkat media Vietnam tersebut tidak perlu ditanggapi atau baiknya dianggap angin lalu.

Shin Tae-yong saat ini sedang bersama Timnas Indonesia U-20 untuk berpartisipasi di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan mulai 1-18 Maret nanti.

Mereka butuh doa dan dukungan semua penggemar sepak bola, jadi berita dari negara tetangga itu tidak perlu diambil pusing.