Liga Inggris

Habis Man City, Terbitlah Newcastle United yang Akan Menjadi Incaran Liga Inggris untuk Diselidiki

Jumat, 3 Maret 2023 16:50 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Isman Fadil
© Sergei Bobylev\TASS via Getty Images
Yasir bin Othman Al-Rumayyan. Copyright: © Sergei Bobylev\TASS via Getty Images
Yasir bin Othman Al-Rumayyan.

INDOSPORT.COM – Habis mengungkap dugaan pelanggaran laporan keuangan Manchester City, sekarang Liga Inggris (Premier League) mengincar Newcastle United untuk diselidiki.

Pihak Liga Inggris didesak juga untuk menyelidiki laporan keuangan Newcastle United yang jor-joran pasca diakuisisi oleh Public Invesment Fund (PIF) dari Arab Saudi.

Datangnya investor dari Arab Saudi membuat Newcastle United mendatangkan pemain dengan nama besar seperti, Bruno Guimares dan Anthony Gordon untuk memperkuat tim.

Manchester City sekarang sedang dalam proses pembuktian di pengadilan Inggris atas tuduhan pelanggaran laporan keuangan pasca dimiliki oleh investor dari Timur Tengah.

Mencuatnya kasus Manchester City yang diungkap oleh Liga Inggris membuat desakan muncul untuk membuktikan klub lain yang disinyalir bisa saja melakukan pelanggaran yang sama.

Dilansir dari Metro.co.uk, Liga Inggris sudah didesak untuk memulai penyelidikan baru terhadap Newcastle United pasca diakuisisi oleh investor dari Arab Saudi.

Desakan tersebut muncul karena ada kekhawatiran bahwa negara Arab Saudi akan memiliki kendali atas Newcastle United pasca dibeli dari pemilik sebelumnya.

Hal itu dikarenakan Presiden Newcastle United, Yasir Al Rumayyan yang juga sebagai seorang menteri di Arab Saudi sehingga dikhawatirkan menimbulkan konflik kepentingan.

Oleh karena itu, pihak Liga Inggris telah didesak untuk memeriksa kembali jaminan yang diberikan oleh pemilik Newcastle United, Yasir Al Rumayyan bahwa Arab Saudi tidak memiliki kendali atas klub.

Sebuah dokumen yang diajukan ke pengadilan di Amerika Serikat minggu ini telah menimbulkan pertanyaan baru perihal pemisahan kewenangan antara negara Arab Saudi dengan PIF yang gubernurnya Yasir Al Rumayyan.