Bola Internasional

Respons Tak Terduga Indra Sjafri Setelah Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Irak

Jumat, 3 Maret 2023 05:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Direktur teknik PSSI yakni Indra Sjafri angkat bicara terkait kekalahan Timnas Indonesia U-20 dari Irak U-20 di pertandingan perdana Piala Asia U-20 2023.

Indra Sjafri mengatakan kekalahan Timnas Indonesia U-20 dari Irak bukanlah suatu masalah besar. Kekalahan ini memang menjadi sorotan karena skuad Garuda Nusantara bermain melawan 10 pemain Irak di babak kedua, tapi tampil buruk.

Banyak peluang yang terbuang sia-sia karena penyelesaian akhir yang jelek. Menurut Indra Sjafri, PSSI tidak membebani Timnas U-20 dengan target tinggi di Piala Asia U-20.

Turnamen Piala Asia U-20 2023 tersebut dijadikan sebagai tolak ukur dan evaluasi menuju Piala Dunia U-20 2023 yang bakal digelar di Indonesia.

"Saya tidak melihat hasil karena sebelum timnas berangkat, kami diskusi dengan Shin Tae-yong ingin lihat kualitas pemain untuk Piala Dunia U-20 nanti," kata Indra Sjafri. 

"Kami berharap skuad penuh setelah Piala Asia, sudah ada termasuk tiga pemain naturalisasi," imbuhnya.

Indra Sjafri memahami betul bagaimana kesulitan yang dialami Shin Tae-yong karena tidak membawa pemain terbaik ke Piala Asia U-23.

Ada beberapa nama andalan Timnas Indonesia U-20 yang tak bisa ikut seperti Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner.