Liga Indonesia

Transfer Ilmu Pemain Asing di IBL, Kevin Moses Dapatkan Efek Positif

Jumat, 3 Maret 2023 21:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pebasket Dewa United Banten di IBL 2023, Kevin Moses. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pebasket Dewa United Banten di IBL 2023, Kevin Moses.

INDOSPORT.COM - Pebasket Dewa United Banten, Kevin Moses Eliazer Poetiray merasakan dampak dari keberadaan para pemain asing di Indonesia Basketball League (IBL) 2023. Anthony Johnson dkk. memberi transfer ilmu kepada para pebasket lokal.

Pebasket Amerika Serikat mendominasi daftar pemain asing di IBL 2023. Dari total 29 nama, hanya tujuh nama yang berstatus sebagai warga negara non Amerika Serikat.

Di tim Dewa United sendiri, pelatih asal Argentina, Maximiliano Sigorman, pilih mendatangkan dua pebasket Amerika Serikat, Anthony Johnson dan Ramon Galloway.

Dua nama itu punya peran besar dalam membawa Dewa United ke puncak klasemen sementara IBL 2023. Dewa United mencatatkan 27 poin hasil 12 kemenangan dan menelan tiga kekalahan.

Saat meraih kemenangan ke-12 atas Bali United 85-66 di Sritex Arena, Solo, Kamis (02/03/23) sore, dua nama ini bermain bagus.

Anthony yang berstatus big man Dewa United mencatatkan 20 poin dan 8 rebounds. Sementara Ramon Galloway berkontribusi atas 15 poin dan tiga assist.

Kevin Moses melihat sisi positif dari keberadaan para pemain asing di IBL 2023. Transfer ilmu dari para pemain asing sejauh ini berjalan bagus.

"Bagus sih, sudah kelihatan. Kita bisa main di space mereka. Kita belajar untuk menjaga mereka dan kita juga belajar bermain seperti mereka," ucap Kevin Moses.

Transfer ilmu lebih efektif dengan keberadaan Anthony dan Ramon Galloway di Dewa United. Dua nama ini sudah malang melintang di perbasketan berbagai negara.

Kevin Moses tak sekadar melihat mereka saat pertandingan, namun juga dalam sesi latihan. Kevin Moses merasakan sisi tentang keduanya yang berasal dari negara basket.

"Dari sisi pemain, kita dapat pengalaman dan skill. Kita dapat banyak. Apalagi kita berlatih dengan mereka. Culture mereka saja basket. Jadi kita dapat banyak," jelas Kevin Moses.