Bola Internasional

Zico Soree Debut di Tim Belanda, Shin Tae-yong Menyesal Tak Boyong ke Timnas U-20?

Jumat, 3 Maret 2023 10:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. Zico Soree, pemain keturunan asal Belanda turut menjalani seleksi. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. Zico Soree, pemain keturunan asal Belanda turut menjalani seleksi. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia, Zico Soree menjalani debutnya bersama tim utama Willem II. Shin Tae-yong menyesal tak boyong ke Timnas Indonesia U-20?

Zico Soree merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Belanda. Ia sempat mengikuti pemusatan latihan (TC) sekaligus seleksi Timnas Indonesia U-20 di Eropa.

Zico Soree berposisi sebagai penyerang tengah, memiliki postur tubuh menjulang hingga 1,8 meter, dan cukup andal ketika duel udara menghadapi pemain Eropa.

Namun entah mengapa, Zico Soree tidak masuk dalam kriteria idaman Shin Tae-yong, meski Timnas Indonesia U-20 memerlukan striker 

Zico gagal menjalani program naturalisasi atau pemantapan pilihan untuk jadi WNI, berhubung saat ini usianya masih 20 tahun.

Setelah kegagalan itu, Zico Soree justru semakin menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang muda yang patut diperhitungkan di pentas sepak bola usia muda Belanda.

Bersama Willem U-21, Zico mampu tampil menggila. Diketahui, pemain yang saat ini berusia 20 tahun itu telah mengantongi empat gol dari lima pertandingan.

Tak sampai di sana, baru-baru ini Zico Soree juga berhasil menjalani debut di tim utama Willem II, dalam sebuah laga non resmi. Ia berhasil tembus ke tim senior.

"Jika kalian tahu dia baru bergabung di tim Willem II U-21 dalam beberapa bulan (per Januari 2023), anak laki-laki ini meroket bersama tim utama kemarin," tulis akun Instagram @footballtalentnesia.

"Baru-baru ini Zico debut di Garuda U-20, tetapi ia tidak dipilih untuk Piala Dunia U-20. Apakah ini keputusan yang salah, menolak pemain ini?" sambungnya lagi.