Bola Internasional

Waduh! Sudah Hampir Jadi WNI dan Bikin STY Jatuh Hati, Justin Hubner Malah Dipanggil Timnas Belanda

Sabtu, 4 Maret 2023 16:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Kabar mengejutkan datang dari penggawa timnas Indonesia U-20 keturunan Belanda, Justin Hubner, yang tengah menjalani proses naturalisasi dengan PSSI. Copyright: © PSSI
Kabar mengejutkan datang dari penggawa timnas Indonesia U-20 keturunan Belanda, Justin Hubner, yang tengah menjalani proses naturalisasi dengan PSSI.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari penggawa timnas Indonesia U-20 keturunan Belanda, Justin Hubner, yang tengah menjalani proses naturalisasi dengan PSSI.

Pada Sabtu (04/03/23) namanya tercantum dalam daftar skuad Belanda junior meski yang bersangkutan telah sempat mengikuti pemusatan latihan dan memainkan debut tak resmi bersama Garuda Muda.

Bukan kali pertama memang Hubner mendapatkan panggilan dari KNVB untuk memperkuat Belanda di kelompok umur.

Defender sentral berusia 19 tahun itu sudah mendapatkan tujuh caps bersama De Oranje U-19 dalam satu tahun terakhir.

Hubner bahkan selalu menjadi pemain inti saat Belanda melakoni partai kualifikasi Piala Eropa U-19 yang sekaligus juga menjadi babak penyisihan untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun ini.

Hanya saja Belanda sudah dipastikan tidak lolos per Juni 2022 lalu dan Justin Hubner semakin serius untuk menjajaki peluang untuk berpaling ke timnas Indonesia.

Penggawa akademi Wolverhampron Wanderers tersebut kemudian mendapat undangan dari PSSI pada November tahun lalu untuk melakoni training camp bersama timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong.

Ia tidak sendirian karena terdapat tiga pemain keturunan Belanda lainnya yang juga ingin dinaturalisasi seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Zico Soree.

Namun pada akhirnya hanya Hubner, Jenner, dan Struick saja yang dianggap lolos penilaian PSSI dan Shin Tae-yong sehingga ketiganya hingga kini masih meneruskan proses untuk menjadi WNI.

Tidak heran apabila pecinta sepakbola tanah air kemudian kaget jika Hubner masih masuk dalam skuad Belanda U-20 yang rencananya akan melakukan uji coba kontra Prancis U-20 dalam waktu dekat.