Bola Internasional

Shin Tae-yong Ungkap 'Motivasi Ajaib' yang Bikin Timnas Indonesia U-20 Menang Atas Suriah

Minggu, 5 Maret 2023 06:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-20 saat melawan Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-20 saat melawan Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 melewati laga kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 dengan kemenangan 1-0 atas Suriah di Lokomotiv Stadium, Uzbekistan, Sabtu (04/03/23).

Hasil ini membuka peluang Timnas Indonesia U-20 ke sistem gugur Piala Asia U-20 2023, asalkan mampu menang dalam laga terakhir kontra tuan rumah Uzbekistan.

Dalam laga kontra Suriah, Timnas Indonesia U-20 mengakhir babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Hokky Caraka.

Pemain PSS Sleman itu manfaatkan umpan Hugo Samir lewat  serangan balik cepat yang diakhir tendangan keras ke pojok yang tak bisa dihalau kiper lawan.

Di babak kedua, Timnas U-20 tampak tertekan setelah Suriah lakukan pressing ketat dan kuasai laga. Kiper Indonesia, Daffa Fasya beberapa kali lakukan penyelamatan krusial dan menjaga gawang Merah Putih tak kebobolan selama 90+6 menit.

Usai pertandingan, pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong memuji kerja keras anak asuhnya. Dia menilai laga sangat sulit, apalagi Suriah bermain bagus, jadi juru taktik 52 tahun itu mengucapkan terima kasih untuk Muhammad Ferrari dkk. 

"Sampai wasit meniup peluit terakhir,  saya berterima kasih kepada para pemain yang berjuang hingga akhir pertandingan. Jadi terima kasih untuk itu," kata Shin Tae-yong. 

"Mereka berjuang layaknya atlet sejati. Saya juga berterima kasih kepada Suriah yang menjadi lawan tangguh hingga akhir laga," imbuhnya.

Shin Tae-yong menjelaskan, sebelum laga dia menyampaikan ke pemain supaya tampil percaya diri. Setelah kekalahan di laga perdana dari Irak, Arkhan Fikri dan kolega diminta tingkatkan kualitas dan daya juang.

Wejangan Shin Tae-yong pun dilaksanakan pemain dengan baik. Semua lini, dari depan, tengah dan belakang Timnas Indonesia u-20 sama-sama bertahan dengan kompak ketika diserang Suriah.