Liga Indonesia

Dampak Positif dan Negatif Hadirnya Regulasi Penambahan Kuota Pemain Asing ASEAN di Liga 1

Senin, 6 Maret 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Bali United
Duel gelandang Bali United, Eber Bessa dengan Winger Barito Putera, Mike Ott. Foto: Bali United Copyright: © Bali United
Duel gelandang Bali United, Eber Bessa dengan Winger Barito Putera, Mike Ott. Foto: Bali United

INDOSPORT.COM – Dalam sarasehan sepak bola yang digelar PSSI, hadir regulasi kuota pemain asing ASEAN bagi klub Liga 1. Seperti apa dampak positif dan negatifnya?

Adanya regulasi penambahan kuota pemain asing ASEAN ini merupakan hasil kesepakatan antara PSSI dan para perwakilan di Liga 1.

Regulasi ini datang karena adanya kesepakatan soal jumlah pemain asing, di mana kuota pemain asing semula 3+1 menjadi 5+1 pemain.

Pada regulasi sebelumnya yakni 3+1, setiap klub bebas merekrut pemain sebanyak tiga pemain dari zona manapun dan satu pemain Asia.

Sedangkan di regulasi baru ini, nantinya setiap klub bisa merekrut lima pemain asing bebas dan satu pemain asing ASEAN atau Asia Tenggara.

Regulasi ini pun kemudian disetujui oleh seluruh perwakilan kontestan Liga 1 yang hadir di acara sarasehan sepak bola yang digelar PSSI pada 4-5 Maret 2023 kemarin.

Meski bisa merekrut 5+1 pemain asing, nantinya setiap klub hanya bisa mendaftarkan 4+1 pemain asing saja untuk melakoni pertandingan di Liga 1.

Hadirnya penambahan kuota pemain asing pun melahirkan banyak reaksi, baik itu pro dan kontra di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air.

Terlebih lagi untuk penambahan kuota pemain asing dari ASEAN atau Asia Tenggara pada kompetisi Liga 1 di musim depan.

Karenanya, INDOSPORT pun coba mengulas dampak positif maupun negatif yang akan dirasakan Liga 1 dan klub peserta di dalamnya dengan regulasi baru ini.