Liga Indonesia

DPR Masih Reses, PSSI Pasrah Jika Justin Hubner Dicomot Timnas Belanda

Senin, 6 Maret 2023 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki. Copyright: © PSSI
Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

INDOSPORT.COM - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyebut pihaknya belum bisa memberikan penjelasan detail terkait nasib naturalisasi, Justin Hubner. Mereka pasrah apabila sang pemain dicomot timnas Belanda.

Justin Hubner baru saja dipanggil Belanda U-20 untuk seleksi persiapan laga uji coba terdekat melawan Prancis. Padahal, ia sedang dalam proses naturalisasi untuk membela timnas Indonesia U-20 bersama dua nama lain, yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Dikonfirmasi soal proses naturalisasi Justin yang sedang berlangsung, Arya Sinulingga mengatakan PSSI dalam situasi menunggu. Dokumen calon pemain naturalisasi sudah dikirim, tapi belum bisa diproses karena DPR sedang masa reses.

"Sekarang menunggu DPR. Mereka lagi reses sampai 13 Maret mendatang, karena keputusan naturalisasi harus menunggu rapat paripurna," kata Arya Sinulingga, Senin (6/3/23).

"Kami sudah beri tahu soal proses naturalisasi (Justin Hubner) di DPR karena masih menunggu reses DPR selesai," jelasnya.

Menurut Arya Sinulingga, situasi itu membuat PSSI pasrah apabila Justin Hubner dicomot timnas Belanda dan sang pemain memutuskan memilih negara kelahirannya.

"Kalau seperti itu, mau bilang apa lagi kita. Kan sudah dicomot, bagaimana lagi," tutur Arya yang juga menjabat Komisaris Telkom tersebut.

Sementara itu, Justin Hubner dilaporkan belum dihubungi oleh pengurus PSSI baru pimpinan Erick Thohir. Dia bahkan belum mengambil keputusan apa pun karena sedikit bingung.

Panggilan Belanda U-20 untuk Justin Hubner adalah sah-sah saja. Pemain berusia 19 tahun itu masih memegang paspor Belanda, sehingga sama sekali tidak menyalahi aturan FIFA.