Bola Internasional

Kalah Cepat, Deretan Pemain Keturunan Indonesia di Eropa Ini Lebih Dulu Dipanggil Timnas Negara Lain

Selasa, 7 Maret 2023 19:46 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
PSSI meski baru dipimpin kepengurusan anyar Erick Thohir yang mengusung banyak misi mulia tetap tak bisa lolos dari kritik pedas terutama soal timnas Indonesia. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM - PSSI meski baru dipimpin kepengurusan anyar Erick Thohir yang mengusung banyak misi mulia tetap tak bisa lolos dari kritik pedas terutama soal timnas Indonesia.

Salah satu masalah terbesar bagi federasi sepakbola Indonesia tersebut adalah belum bisa menemukan lawan untuk ajang uji coba resmi untuk periode 20-28 Maret 2023 mendatang.

Padahal agenda tersebut sangat penting bagi timnas Indonesia mengingat dapat menjadi kesempatan untuk menaikkan peringkat di rangking FIFA sekaligus bereksperimen soal taktik yang akan digunakan saat Piala Asia 2023 berlangsung.

Tidak ketinggalan polemik lambatnya proses naturalisasi untuk para pemain keturunan sehingga publik dibuat jengah.

Seolah tidak belajar dari berlarut-larutnya pemberian status WNI pada trio Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama, PSSI juga dituding tidak serius untuk menjajaki naturalisasi untuk bakal calon penggawa timnas Indonesia junior.

Adalah proses naturalisasi pada Justin Hubner yang saat ini tengah menjadi topik panas di kalangan pecinta sepakbola tanah air.

Defender 19 tahun yang memperkuat Wolverhampton Wanderers itu diketahui masuk dalam daftar pemain timnas Belanda U-20 untuk FIFA Matchday mendatang dan hal ini tidak akan jadi masalah jika sebelumnya ia belum masuk rencana PSSI untuk proyek naturalisasi.

Sejak akhir tahun lalu Hubner sudah membuat komitmen pada PSSI jika ia akan membela timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 dan bahkan sudah sempat mengikuti pemusatan latihan dan bermain di uji coba non-resmi.

Justin Hubner mengaku jika pihak federasi belum memberikan perkembangan lebih lanjut soal pergantian paspornya. Itulah kenapa ia masih bisa bermain untuk Belanda U-20 yang sempat dibelanya tujuh kali.

Publik khawatir jika PSSI tidak mempercepat proses naturalisasinya, maka Hubner akan memperpanjang daftar pemain yang 'dicuri' negala lain karena tidak segera diikat secara resmi. Berikut ini daftarnya.