Liga Champions

Tottenham vs Milan: 3 Pahlawan yang Bawa Rossoneri Lolos 8 Besar Liga Champions

Kamis, 9 Maret 2023 08:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/Daniele Mascolo
Mike Maignan hingga Brahim Diaz tampil apik melawan Tottenham Hotspur dan jadi kunci keberhasilan AC Milan lolos ke perempat final Liga Champions. (05/02/22). FOTO REUTERS/Daniele Mascolo Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Mike Maignan hingga Brahim Diaz tampil apik melawan Tottenham Hotspur dan jadi kunci keberhasilan AC Milan lolos ke perempat final Liga Champions. (05/02/22). FOTO REUTERS/Daniele Mascolo

INDOSPORT.COM – Mike Maignan hingga Brahim Diaz tampil apik melawan Tottenham Hotspur dan jadi kunci keberhasilan AC Milan lolos ke perempat final Liga Champions 2022-2023.

AC Milan berhasil menjejakkan kakinya ke babak perempat final turnamen paling elite di Eropa setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dalam laga away babak 16 besar.

Bertanding di Stadion Tottenham, Kamis (09/03/23), Rossonerri sejatinya hanya mampu bermain imbang tanpa gol alias 0-0 menghadapi pasukan Antonio Conte.

Namun, AC Milan sudah memiliki tabungan keunggulan 0-1 saat mereka memenangi laga leg pertama atas Tottenham Hotspur di San Siro.

Hasil ini mengakhi penantian panjang AC Milan, tepatnya 11 tahun sejak musim 2011-2012, untuk bisa mencapai perempat final Liga Champions.

Menariknya, Opta mencatat ini pertama kalinya Milan menorehkan clean sheet di fase gugur Liga Champions ejak terakhir kali mencapainya pada babak 16 besar musim 2006-2007 silam.

Perjuangan skuad Stefano Pioli untuk bisa mengulangi sejarah di Liga Champions tidaklah mudah. Sebab, butuh bertahun-tahun untuk membangun  dan mengembangkan tim hingga sampai ke titik ini.

Hasilnya terlihat dari performa semua pemain AC Milan di semua lini yang tampil apik melawan Tottenham. Namun hanya ada tiga pemain yang patut diacungi jempol.

Pertama, Mike Maignan. Kiper asal Prancis ini berhasil menobatkan dirinya sebagai Man of the Match berkat aksi heroiknya menjaga gawang AC Milan tidak kebobolan.

Maignan harus membuat 3 penyelamatan saat gawangnya diserang pemain Tottenham Hotspur. Dua di antaranya dilakukan di dalam kotak.