Liga Indonesia

Perpindahan Federasi Sudah Aman, Shayne Pattynama Debut di FIFA Matchday vs Burundi?

Selasa, 14 Maret 2023 13:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Waketum Zainudin Amali dan Sekjen Yunus Nusi menyampaikan perihal perpindahan federasi untuk Shayne Pattynama yang telah rampung. Pemain berusia 24 tahun itu bisa dipanggil untuk FIFA matchday akhir bulan ini.

Shayne telah menjalani naturalisasi dan disumpah jadi WNI pada Januari lalu. Tapi, ia sempat menunggu proses perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) yang baru saja selesai.

"Shayne Pattynama akan kami cek lagi perpindahan federasinya. Info dari Pak Sekjen sudah rampung," kata Zainudin Amali, Senin (13/3/23). 

Dengan demikian, Shayne dikatakan bisa dipanggil timnas Indonesia untuk melakoni agenda FIFA matchday melawan Burundi (25 dan 28 Maret). 

PSSI mengkonfirmasi sudah mulai berkomunikasi dengan klub terkait, terutama yang berkarier di luar negeri seperti Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, dan lainnya.

"Kami sedang usahakan yang administrasinya sudah selesai, karena FIFA match day tak ada pertandingan klub, jadi kami minta mereka datang termasuk Shayne, Sandy, Jordi dan Baggott juga," ujar Waketum PSSI.

Untuk pemanggilan pemain, PSSI menyerahkan sepenuhnya ke tangan pelatih Shin Tae-yong. Federasi mulai mengirimkan surat untuk meminta izin dari klub, termasuk yang di Liga 1, mulai Selasa (14/3/23).

Ada kemungkinan, beberapa pemain timnas Indonesia U-22 yang sedang dalam persiapan SEA Games 2023 turut dipanggil untuk FIFA matchday.

"Tim yang akan diturunkan adalah tim senior dan di dalamnya juga ada U-22 yang disiapkan Indra Sjafri untuk SEA Games. Selasa kami akan sampaikan ke klub untuk pemanggilan karena mungkin tak ada laga Liga 1," jelas Zainudin Amali.