Liga Indonesia

Liga 1: Dianggap Diving saat Penalti Lawan Arema FC, Samsul Arif Angkat Bicara

Kamis, 16 Maret 2023 12:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Instagram@persisofficial
Pertandingan Liga 1 antara Persis Solo vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (15/03/23). (Foto: Instagram@persisofficial) Copyright: © Instagram@persisofficial
Pertandingan Liga 1 antara Persis Solo vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (15/03/23). (Foto: Instagram@persisofficial)

INDOSPORT.COM - Penyerang Persis Solo, Samsul Arif Munip, membantah sengaja melakukan diving saat terjadinya penalti pada laga kontra Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/03/23). Samsul kehilangan keseimbangan pada momen di laga pekan ke-30 Liga 1 2022/2023.

Pertemuan kedua antara Laskar Sambernyawa kontra tim Singo Edan berakhir imbang 1-1. Arema FC unggul terlebih dahulu lewat sepakan Dendi Santoso yang mengenai badan Jaimerson Xavier.

Setelah gol itu, Persis Solo kesulitan mencari gol penyama kedudukan. Ketiadaan Ryo Matsumura yang absen karena ada agenda bersama keluarganya membuat variasi di sektor depan buntu.

Barulah ketika Samsul Arif masuk menggantikan Irfan Bachdim menit ke-62,  permainan Persis Solo menjadi lebih hidup. Gol penyama kedudukan akhirnya didapat berkat kreasi Samsul Arif.

Pergerakan Samsul Arif menerobos kotak penalti Arema FC sendirian berbuah penalti. Wasit Ginanjar Rahman Latief menilai Samsul Arif jatuh karena dilanggar pemain Arema FC.

Protes keras pun dilancarkan Sergio Silva dkk. Mereka menganggap Samsul Arif sengaja menjatuhkan badan agar mendapatkan peluang lewat titik puih.

Keputusan ini juga ramai menjadi pembahasan di media sosial. Dari video yang diunggah Sport Indosiar di instagramnya, gerakan Samsul Arif dianggap seperti pemain yang sengaja diving.

Namun pada akhirnya wasit tetap pada keputusan. Fernando Rodriguez yang menjadi eksekutor penalti dengan mudah mengecoh kiper Arema FC, Adilson Maringa menit ke-67.

Ditemui awak media usai mengikuti jumpa pers, Samsul Arif memberi tanggapan terkait penalti tersebut. Ia menilai netizen yang ada di luar lapangan tak bisa merasakan momen saat dia berusaha melewati pemain Arema FC.

"Saya sebagai pemain yang merasakan di lapangan dan mereka yang di luar mungkin tidak merasakan momen yang saya alami," kata Samsul Arif.