Bursa Transfer

Termasuk Eks Arsenal, Ini 5 Transfer Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade

Kamis, 16 Maret 2023 20:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty Images/Aitor Alcalde
Dikenal sebagai penghasil pemain berbakat, namun sang raksasa Liga Spanyol Barcelona ternyata sempat lakukan blunder dalam pembelian bintang di bursa transfer. Copyright: © Getty Images/Aitor Alcalde
Dikenal sebagai penghasil pemain berbakat, namun sang raksasa Liga Spanyol Barcelona ternyata sempat lakukan blunder dalam pembelian bintang di bursa transfer.

INDOSPORT.COM – Dikenal sebagai penghasil pemain berbakat, namun sang raksasa Liga Spanyol Barcelona ternyata sempat lakukan blunder dalam pembelian bintang di bursa transfer.

Seperti diketahui, Barcelona melalui akademi La Masia mereka telah menghasilkan banyak talenta hebat yang pernah ada dalam dunia sepakbola.

Nama-nama tenar di Timnas Spanyol seperti Andres Iniesta, Xavi hingga Puyol adalah hasil didikan akademi tersebut.

Bahkan, mega bintang asal Argentina sekaligus peraih Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah yakni Lionel Messi juga merupakan produk akademi La Masia.

Akan tetapi dalam kurun beberapa tahun terakhir, kebiasaan Barcelona mengorbitkan pemain lulusan akademinya semakin berkurang.

Barcelona lebih sering mengandalkan pembelian pemain dari luar dengan biaya mahal, ketimbang mengoptimalkan prospek para pemain dari La Masia.

Barcelona yang merupakan salah satu klub dengan pendapatan terbanyak dalam satu musim, tak heran jika mereka mampu merekrut pemain dengan dana yang tinggi.

Namun tak semua pembelian mahal yang dilakukan Barcelona tersebut berhasil berikan dampak positif buat Blaugrana.

Tak sedikit para rekrutan mahal Barcelona tersebut malah gagal bersinar dan hanya jadi beban tim dari segi pengeluaran.

Antoine Griezmann misalnya, didatangkan Barcelona dengan mahar 120 juta euro pada 2019 lalu, namun pemain asal Prancis tersebut hanya bisa persembahkan satu gelar Copa del Rey.

Selain Antoine Griezmann, berikut INDOSPORT rangkum deretan lima transfer terburuk Barcelona dalam satu dekade terakhir: