Liga Indonesia

Jalani Periode Buruk di Liga 1 Setelah Derby Jateng, PSIS Semarang Punya Masalah Berlipat-lipat

Jumat, 17 Maret 2023 06:12 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@persija
PSIS Semarang punya dua masalah yang membuat tim mencatatkan periode terburuk selama gelaran Liga 1 2022/2023.  (Foto: Instagram@persija) Copyright: © Instagram@persija
PSIS Semarang punya dua masalah yang membuat tim mencatatkan periode terburuk selama gelaran Liga 1 2022/2023. (Foto: Instagram@persija)

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang punya dua masalah yang membuat tim mencatatkan periode terburuk selama gelaran Liga 1 2022/2023.

PSIS baru saja mencatatkan kekalahan keempat beruntun di Liga 1. Tim Mahesa Jenar kalah dari Persija Jakarta 0-1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/3/23).

Persija mencetak satu gol lewat Riko Simanjuntak menit ke-15. Winger yang yang punya kecepatan ini sukses memanfaatkan bola liar di depan gawang PSIS.

Sebelum mencatatkan empat kekalahan beruntun, PSIS juga sudah tiga kali berturut-turut cuma meraup imbang. Rangkaian buruk itu terjadi setelah hasil imbang kontra Persis Solo 1-1 pada laga bertajuk Derby Jateng, 17 Februari 2023.

Laga itu tak bisa dilupakan karena terjadi kericuhan ketika ratusan oknum suporter PSIS Semarang memaksa masuk stadion, padahal laga itu berstatus tanpa penonton. Kemenangan di depan mata juga bayar ketika Persis Solo mencetak gol pada menit ke-90.

PSIS tak sekadar hanya mendapat tiga poin dari tujuh partai Liga 1 terakhir. Sistem bertahan PSIS sangat buruk dengan bukti kebobolan sebanyak 14 kali.

Buruknya sistem bertahan juga ditambah dengan masalah penyelesaian akhir. Padahal, dalam kekalahan atas Persija, Alfeandra Dewangga dkk. tak bisa dibilang main jelek.

Dari statistik Liga 1, PSIS mencatatkan penguasaan bola 58 persen atau unggul dari Persija yang hanya 42 persen. Akurasi umpan PSIS juga berada pada angka 77 persen, dibanding Persija dengan 71 persen.

Yang menjadi masalah adalah lima tembakan yang dilepaskan ke gawang Persija tak berbuah gol. Penyerang sayap PSIS, Riyan Ardiansyah pun turut kecewa dengan kekalahan atas tim Macan Kemayoran.

"Kita kecewa karena beberapa laga belum meraih kemenangan. Pada pertandingan kedepan kita akan perbaiki agar bisa meraih kemenangan," kata Riyan usai pertandingan.