Bola Internasional

Mesin Jahit Rumput Tiba, PSSI Jamin Lapangan Stadion Piala Dunia U-20 Berkualitas Tinggi

Sabtu, 18 Maret 2023 15:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Gelora Bung Karno. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Gelora Bung Karno. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua umum sekaligus Ketua Panpel Piala Dunia 2023 (LOC), Erick Thohir memastikan semua lapangan di enam stadion untuk Piala Dunia U-20 akan memenuhi persyaratan FIFA. Saat ini, lapangan yang akan tinggal tahap penyempurnaan.

Menurut Erick Thohir, mesin pitch stitching atau jahit rumput sudah tiba di Bali dan akan dipakai untuk menyempurnakan rumput Stadion I Kapten Wayan Dipta supaya kualitasnya sesuai standar FIFA.

Stitching adalah proses menjahit rumput sintetis yang dimasukan ke rumput asli agar kualitas lapangan makin bagus sesuai standar FIFA. Ini biasa dikenal dengan rumput hybrid.

"Mesin pitch stitching (jahit rumput) yang direkomendasikan FIFA untuk meningkatkan kualitas lapangan standar Piala Dunia sudah hadir di Indonesia," ujar Erick Thohir.

"Saat ini posisi mesin berada di Bali, untuk meningkatkan kualitas lapangan di stadion I Wayan Dipta, dan selanjutnya akan bergilir ke lapangan lainnya," imbuhnya.

Panitia penyelenggara menjadwalkan proses pitch stitching, yakni menjahit antara rumput asli dan sintetis untuk memodifikasi kerapatan rumput berlangsung sejak hari ini hingga awal Mei.

Setelah Bali, mesin yang dikerjakan perusahaan asal Inggris, Sisgrass akan menuju Surabaya, lalu Jakarta, berikutnya Solo, Bandung, dan terakhir Palembang.

Sisgrass berpengalaman dalam desain, konstruksi, pembuatan, dan pemasangan permukaan olahraga alami, sintetis, dan hibrida. 

Teknologi mereka dipakai pada ajang final Piala Dunia, dan kejuaraan sepak bola Eropa, Afrika, dan Asia.