Liga Indonesia

Piala Pertiwi Tanpa Putaran Nasional, Persis Solo Tak Bisa Melesat Lagi

Sabtu, 18 Maret 2023 13:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@shafiraikaputri13
Tim putri Persis Solo harus menerima kenyataan bahwa Piala Pertiwi 2022 tak akan berlanjut pada putaran nasional. Foto: Instagram@shafiraikaputri13 Copyright: © Instagram@shafiraikaputri13
Tim putri Persis Solo harus menerima kenyataan bahwa Piala Pertiwi 2022 tak akan berlanjut pada putaran nasional. Foto: Instagram@shafiraikaputri13

INDOSPORT.COM - Tim putri Persis Solo harus menerima kenyataan bahwa Piala Pertiwi 2022 tak akan berlanjut pada putaran nasional. Shafira Ika dkk. hanya berpotensi jadi juara untuk zona Jawa Tengah.

Persis Solo menunjukkan kelasnya pada fase grup Piala Pertiwi zona Jawa Tengah. Persis Solo melibas Djava Buah Purbalingga 7-0 serta Persik Putri Kendal 15-1.

Level dari tim besutan Alief Syafrizal ini sejatinya memang terlalu mewah di Jawa Tengah. Mereka memiliki belasan nama yang mondar-mandir membela Timnas Indonesia.

Saat Timnas Indonesia melakoni pertandingan FIFA A Match melawan Arab Saudi, ada delapan nama yang dipanggil Rudy Eka Priyambada. Sementara pada Timnas Indonesia U-20, Persis Solo mengirimkan lima perwakilan.

Materi luar biasa ini yang membuat Persis Solo diprediksi akan menjadi juara zona Jawa Tengah. Kini, Persis Solo lolos semifinal bersama Bintang Manis FC, PSIK Putri Klaten serta Batik Woman.

Sayangnya, Piala Pertiwi hanya akan terhenti pada zona provinsi. PSSI melalui surat nomor 759/UDN/515/III-2023 sudah memastikan putaran nasional ditiadakan.

Dalam surat yang ditandatangani Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI juga disebutkan bahwa penjelasan lengkap akan dilakukan saat sarasehan dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI pada Minggu (19/03/23).

Ketua Komite Sepak Bola Wanita Asprov PSSI Jawa Tengah, Arya Surendra, mengatakan arahan tersebut menjadi keputusan PSSI pusat dan asosiasi provinsi hanya menjalankan pada tingkat regional.

"Surat dari PSSI pusat sudah kami sosialisasikan ke klub peserta, karena Persis Solo sebelum ini juga menanyakan. Asprov PSSI Jateng punya komitmen menyelesaikan zona provinsi, tapi untuk putaran nasional jadi ranah dari PSSI pusat," kata Arya Surendra, Jumat (17/03/23).