Liga Indonesia

Siap Orbitkan Pemain NTT, Wuamesu Cup 2023 Digelar September

Sabtu, 18 Maret 2023 14:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Dok Wuamesu Cup II
Ajang sepak bola Wuamesu Cup akan kembali bergulir tahun ini pada September 2023 mendatang. Copyright: © Dok Wuamesu Cup II
Ajang sepak bola Wuamesu Cup akan kembali bergulir tahun ini pada September 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM - Ajang sepak bola Wuamesu Cup akan kembali bergulir tahun ini pada September mendatang. Kejuaraan ini akan mempertemukan tiap tim kabupaten di Nusa Tenggara Timur, tapi khusus yang berdomisili di Jabodetabek. 

Wuamesu Cup diinisiasi oleh komunitas masyarakat Ende-Lio di Jakarta dan pernah berlangsung pada 2018 lalu. Ajang ini sekaligus menjadi tempat untuk mencari bibit pemain berbakat dari NTT. 

Adapun pemain yang didaftarkan atau akan tampil di Wuamesu Cup adalah yang berasal kabupaten masing-masing atau mempunyai garis keturunan NTT.

Menuju turnamen tersebut, serangkaian kegiatan pendukung dilakukan mulai bulan Maret. Diantaranya adalah pendaftaran tim, kursus pelatih, screening pemain dan workshop.

Untuk kursus pelatih, panitia Wuamesu Cup 2023 akan bekerja sama dengan PSSI, dalam hal ini Asprov DKI Jakarta pada Juni-Juli mendatang.

Pada kejuaraan Wuamesu Cup sebelumnya, bahkan mendatangkan eks direktur teknik PSSI, Danurwindo dan Mundari Karya. 
 
“Kami akan menggelar kursus pelatih bagi pelatih-pelatih tim peserta agar kualitas turnamen semakin meningkat dan kami akan mencoba menjajaki Asosiasi Provinsi untuk bekerja sama,” ujar Yosep Badeoda, selaku ketua umum Wuamesu Indonesia.

"Atau kami akan menyesuaikan waktu dengan askot-askot yang ada di Jakarta yang menggelar kursus pelatih untuk pelatih-pelatih kami diikutsertakan juga," imbuhnya. 

Yosef Badeoda berharap Wuamesu Cup 2023 jadi ajang silaturahmi antar warga NTT yang merantau di Jakarta. Selain itu, diharapkan juga muncul bibit-bibit pesepakbola dari NTT yang visa dipantau. 

"Diharapkan turnamen ini bisa berjalan sesuai dengan misi dan visi serta tujuan yang ada. Selain mencari bakat pemain sepak bola, juga menjalin silaturahmi dan kebersamaan masyarakat NTT yang ada di Jabodetabek," Yosef Badeoda, menambahkan.