Liga Indonesia

Erick Thohir Konfirmasi PSSI Kolaborasi dengan AFC, Jepang dan Australia

Minggu, 19 Maret 2023 20:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan sudah menjalin komunikasi dan menandatangani kerja sama dengan federasi Jepang, Australia serta konfederasi sepak bola Asia atau AFC. Fokusnya adalah membantu sepak bola nasional semakin maju.

Komunikasi PSSI dengan tiga pihak di atas terjalin saat Erick Thohir mengikuti Kongres FIFA beberapa hari lalu di Rwanda.

Kerja sama PSSI dengan Jepang meliputi  manajemen kompetisi, perwasitan hingga pariwisata. Lalu Jepang juga secara khusus membantu mengembangkan sepak bola putri yang selama ini masih dianaktirikan di Indonesia.

"Kami akan bawa ke (rapat) exco, salah satunya Jepang yang sudah menandatangani kerja sama dengan Indonesia untuk kerja sama liga. Kerja sama seperti apa? Itu bisa manajemen, perwasitan, sistem dan lainnya," buka Erick Thohir di Jakarta, Minggu (19/03/23).

"Lalu juga dengan Jepang mau kerja sama untuk pembangunan sepak bola putri," imbuhnya.

Untuk AFC, PSSI akan berkolaborasi khususnya menyesuaikan jadwal kompetisi seperti Piala AFF, Piala Asia, AFC Cup, Liga Champions Asia hingga FIFA match day.

"Kalau dengan AFC, kami menyinergikan agenda karena kami ingat agenda sepak bola dunia ada FIFA match day, kalender AFC, AFF, kapan istirahatnya pemainnya, kapan juga kami siapkan timnas," tutur Erick Thohir.

"Nanti akan ada pertemuan selanjutnya memaparkan agenda kami, hasil dari sarasehan akan kami laporkan. Itu yang akan kita sinkronisasi dengan AFC," tambahnya.

Sedangkan kerja sama dengan Australia mencakup sport science. Itu karena negara tetangga tersebut lebih maju dalam hal teknologi olahraga.

Hal itu pernah ditinjau langsung oleh waketum PSSI, Zainudin Amali saat masih menjabat sebagai Menpora beberapa waktu lalu.