In-depth

Ramadan Segera Tiba, 3 Tim Top Eropa Eks Juara Liga Ini Malah Sudah ‘Puasa’ Dulu di Musim 22/23

Selasa, 21 Maret 2023 21:07 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty Images
Ramadan tahun 2023 segera tiba, namun para tim Eropa yang pernah raih gelar juara di ajang liga domestik berikut malah sudah rasakan puasa gelar lebih dahulu. Copyright: © Getty Images
Ramadan tahun 2023 segera tiba, namun para tim Eropa yang pernah raih gelar juara di ajang liga domestik berikut malah sudah rasakan puasa gelar lebih dahulu.

INDOSPORT.COMRamadan tahun 2023 segera tiba, namun para tim Eropa yang pernah raih gelar juara di ajang liga domestik berikut malah sudah rasakan puasa gelar terlebih dahulu.

Seperti diketahui, dalam hitungan satu atau dua hari kedepan seluruh umat muslim di dunia akan memasuki bulan Ramadan 1443 H, yang artinya bakal menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Jika melihat dari penanggalan kalender saat ini, awal Ramadhan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023.

Sementara itu, melansir dari ketarangan otoritas Uni Emirat Arab (UEA) juga telah memprediksi awal Ramadan untuk tahun 2023 jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023 nanti.

Prediksi ini berdasarkan perhitungan yang dilakukan Persatuan Astronomi Internasional (Arab Union for Astronomy and Space Science/AUASS).

Secara bahasa, makna puasa adalah menahan diri. Namun dalam olahraga khususnya sepak bola, puasa bisa bermakna kegagalan atau tertahannya sebuah tim, baik dalam meraih kemenangan maupun trofi juara.

Di musim ini, klub Liga Inggris Manchester United akhirnya bisa mengakhiri puasa gelar yang telah mereka rasakan dalam 6 tahun terakhir.

Manchester United berhasil ‘buka puasa’ gelar juara dengan memenangi trofi Carabao Cup 2022/23 setelah mengalahkan Newcastle United (2-0) di partai final.

Berbeda dengan Manchester United yang berhasil akhiri dahaga juara mereka, para tim besar Eropa yang sempat merajai kompetisi domestik di liga masing-masing berikut, malah dipastkan bakal puasa trofi musim ini.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas: