In-depth

5 Pemain Asing yang Jadi Mualaf Seusai Berkarier di Liga Indonesia

Rabu, 22 Maret 2023 18:44 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© persibdanbandung.blogspot.com/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Abanda Herman, pesepak bola mualaf mantan Persib dan Persija. Copyright: © persibdanbandung.blogspot.com/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Abanda Herman, pesepak bola mualaf mantan Persib dan Persija.

INDOSPORT.COM - Jelang menyambut bulan suci Ramadan, kami telah merangkum lima pemain asing yang memutuskan menjadi mualaf, seusai berkarier di Liga Indonesia.

Bermain di kompetisi Liga Indonesia bagi kebanyakan pemain asing menang menjadi kesempatan untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Namun beberapa dari mereka malah mendapat hidayah untuk memeluk agama Islam. Hal ini karena Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama muslim.

Berikut INDOSPORT telah merangkum kisah lima pemain asing yang memutuskan menjadi mualaf seusai berkarier di kompetisi Tanah Air:

1. Cristian Gonzales

Yang pertama ada pemain naturalisasi bernama Cristian Gonzales. Pemain yang kini belum pensiun meski sudah berusia 46 tahun ini menjadi mualaf pada 2003 silam.

Ketika itu, Cristian Gonzales masih memperkuat klub pertamanya di Liga Indonesia yakni PSM Makassar. Padahal ia berasal dari keluarga Khatoli yang taat.

Delapan tahun sejak menikah dengan perempuan Islam bernama Eva Nurida Siregar di Uruguay pada 1995 silam, akhirnya El Loco terketuk hatinya.

Kebetulan di dekat mess PSM Makassar, ada masjid yang selalu membangunkannya waktu subuh. Ia juga takjub melihat istrinya berwudhu dan salat dengan mukena putih.

Eva Nurida Siregar kemudian sedikit demi sedikit menceritakan tentang agamanya. Sampai akhirnya, di tahun yang sama, Cristian Gonzales memutuskan sepenuh hati masuk agama Islam.