Liga Indonesia

Sabet Juara Piala Pertiwi Jateng, Persis Solo Catatkan Rekor Sensasional

Rabu, 22 Maret 2023 13:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Persis Solo
Tim putri Persis Solo menjuarai turnamen Piala Pertiwi 2022 Jawa Tengah. (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Tim putri Persis Solo menjuarai turnamen Piala Pertiwi 2022 Jawa Tengah. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Tim putri Persis Solo sukses menjadi juara pada ajang Piala Pertiwi 2022 zona Jawa Tengah. Gelar ini dilengkapi rekor sensasional dengan catatan 34 gol dari 4 pertandingan.

Persis Solo atau tim putri yang akrab dengan nama Persis Women memastikan gelar setelah menang atas tim PSIK Klaten 7-0 pada partai final di Stadion Citarum, Semarang, Selasa (21/03/23) sore.

Bomber Timnas Indonesia, Marsela Awi, mencetak dua gol untuk Persis Solo. Catatan sama juga dibukukan Armita Dwi Oktaviani. Tiga gol lain dicetak Rosdilah, Armelia Nur Sava dan Remini Rumbewas.

Sebelum mencatatkan kemenangan 7-0 itu, Persis Solo turut melibas Imigrasi Bintang Manis 5-0 pada babak semifinal. Lalu, pada fase grup, Persis Solo menang 7-0 atas Djava Buah Purbalingga dan menang 15-1 atas Persik Kendal. 

Pelatih Persis Women, Alief Syafrizal, memuji permainan anak asuhnya sepanjang turnamen ini. Mereka bermain bagus karena menjalani latihan keras selama sembilan bulan.

"Alhamdulillah, (gelar) ini sebagai pembuka bagi Persis Women setelah kurang lebih sembilan bulan terbentuk. Ini kompetisi resmi pertama yang kita ikuti dan berhasil mendapatkan hasil yang sesuai dengan rencana kita," ucap Alief.

Dalam setiap pertandingan, Persis Solo tak bergantung pada sebelas nama saja. Persis Solo pun rajin melakukan rotasi untuk membagi menit bermain pada semua awak tim.

Alief menyebut dalam empat pertandingan ini para pemain bisa memperlihatkan hasil dari latihan dan uji coba rutin.

"Semua pemain berkembang dengan sangat-sangat bagus, terutama pemain-pemain muda. Kita ingin membawa Persis Women membawa potensi untuk sepak bola putri. Tidak hanya senior, tapi pemain junior juga ikut berkembang," jelas Alief.

Alief pun turut menantikan langkah PSSI menggulirkan Liga 1 Putri. Jelas kompetisi level nasional akan membuat Helsya Maeisyaroh dkk. semakin tertempa.

"Tentunya kita masih menunggu harapan untuk Liga 1 putri berjalan. Sambil menunggu, kita akan tetap aktif untuk latihan karena tidak bisa dipungkiri kondisi fisik pemain terbentuk karena hal tersebut," kata Alief.