Liga Indonesia

Turunkan 16 Atlet, Tim Balap Sepeda Indonesia Targetkan 4 Emas di SEA Games 2023

Kamis, 23 Maret 2023 18:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© NOC Indonesia
Tim balap sepeda Indonesia untuk SEA Games 2023. (Foto: NOC Indonesia) Copyright: © NOC Indonesia
Tim balap sepeda Indonesia untuk SEA Games 2023. (Foto: NOC Indonesia)

INDOSPORT.COM - Timnas balap sepeda Indonesia akan menurunkan 16 atlet pada SEA Games 2023 yang berlangsung 5 - 17 Mei mendatang di Kamboja. Manajer tim, Budi Saputra menargetkan empat emas di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Di SEA Games 2023, Timnas balap sepeda bertanding di dua nomor yakni road race dan MTB (balap sepeda gunung). Tim saat ini sedang lakukan pemusatan latihan di Yogyakarta.

"Kami mempersiapkan 16 atlet untuk berangkat ke SEA Games Kamboja," kata Budi.

Pada pemusatan latihan di Yogyakarta, Timnas balap sepeda Budi mendapat tim pendukung termasuk sports science untuk pengembangan para atlet. Tujuannya agar altet bisa meningkatkan prestasi di ajang multievent tersebut.

Timnas balap sepeda didukung oleh Dr Mirza Hapsari sebagai ahli gizi, Dr Andhika Respati SpKO sebagai dokter tim, Dr Donny Ardy Kusuma sebagai ahli sports science dan Dr Rahman Widohardono yang merupakan psikolog.

Setiap hari para ahli tersebut mendampingi dan mentreatmen para atlet yang menjalani pemusatan latihan. Mereka mengatur secara detail apa saja yang menjadi kebutuhan atlet.

"Seperti porsi latihan, menu asupan, penghitungan kalori dan lainnya," ujar Budi Saputra.

"Data-data ini sangat berguna untuk memantau dan mengembangkan performa para atlet," imbuh dokter Donny.

"Di pelatnas ini, saya bersama dokter, psikolog, ahli gizi, pelatih dan masseur selalu bekerjasama dan bersama bekerja. Lingkungannya sangat asyik," tambahnya.