Komunitas Sehat

Ingin Jago Main Sepeda BMX? Simak Deretan Tips untuk Pemula Ini

Senin, 20 Februari 2023 16:25 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Komunitas Sepeda BMX Sukabumi
Bermain sepeda BMX merupakan salah satu extreme sport yang banyak digandrungi oleh usia muda maupun tua, bagaimana cara memulai extreme sport ini? (Foto: Komunitas BMX Sukabumi) Copyright: © Komunitas Sepeda BMX Sukabumi
Bermain sepeda BMX merupakan salah satu extreme sport yang banyak digandrungi oleh usia muda maupun tua, bagaimana cara memulai extreme sport ini? (Foto: Komunitas BMX Sukabumi)

INDOSPORT.COM – Bermain sepeda BMX merupakan salah satu extreme sport yang banyak digandrungi oleh usia muda maupun tua, bagaimana cara menjadi mahir extreme sport ini?

Sepintas mengenai BMX atau Bicycle Motorcross, jenis sepeda ini mulai populer di California, Amerika Serikat, pada tahun 1970-an.

Di Indonesia sendiri, olahraga sepeda freestyle dengan menunggangi BMX semakin merambah di berbagai daerah, meski popularitasnya kadang mengalami pasang surut.

Jika ingin terjun ke dunia olahraga sepeda BMX, tentu ada kiat-kiat yang harus diperhatikan oleh para pemula.

Kendati begitu, Founder Komunitas BMX Sukabumi bernama Alif membagikan sejumput tips menggeluti olahraga sepeda BMX, di antaranya sebagai berikut:

1. Jangan Paksakan Keuangan

Jenis sepeda BMX memang diketahui memiliki harga yang cukup menguras isi dompet. Oleh karenanya, Alif menjelaskan bahwa sebagai awal berlatih untuk sementara bisa menggunakan sepeda biasa.

Kemudian, ketika para pemula sudah merasa naik level untuk menggunakan trick yang lebih sulit, Alif menyarankan untuk segera membeli sepeda BMX.

“Buat budget BMX sendiri emang bisa dibilang mahal banget, karena dilihat dari kualitasnya juga, karena BMX bukan cuman dipake buat gowes doang,” jelas Alif kepada INDOSPORT.

Lebih lanjut, Alif menuturkan bahwa kualitas sepeda BMX yang dipakai memang dipastikan harus kokoh.

Hal itu lantaran adanya teknik freestyle seperti loncat dari atas tangga sampai ke bawah, terlebih tak jarang pegiat sepeda BMX yang jatuh saat berlatih.

“Jadi ya siap-siap saja buat ngeluarin budget yang tinggi kalau sudah masuk ke trick yang next level,” ucap Alif.