Kabar Duka, Legenda Balap Sepeda Indonesia Hendrik Brocks Tutup Usia

Kamis, 9 Maret 2023 13:33 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@taramandibandung
Legenda balap sepeda Indonesia juara Asian Games, Hendrik Brocks atau Hendra Gunawan, meninggal dunia pada usia 80 tahun, Rabu (08/03/23) Siang WIB di Sukabumi. Copyright: © Instagram@taramandibandung
Legenda balap sepeda Indonesia juara Asian Games, Hendrik Brocks atau Hendra Gunawan, meninggal dunia pada usia 80 tahun, Rabu (08/03/23) Siang WIB di Sukabumi.

INDOSPORT.COM – Legenda balap sepeda Indonesia juara Asian Games, Hendrik Brocks atau Hendra Gunawan, meninggal dunia pada usia 80 tahun, Rabu (08/03/23) Siang WIB di Sukabumi.

Kabar duka tersebut sebagaimana dilansir dari laman Antara di mana pertama kali sahabat mendiang, yakni Heryanto menyampaikannya ke media.

Menurut Heryanto, Hendrik Brocks atau Hendra Gunawan yang meninggal dunia di Jalan Bhayangkara Rawa Salak, Sukabumi, Jawa Barat, akan disemayamkan di TPU  Ciandam.

“Hari ini (Rabu), akan dikebumikan bakda maghrib,” ujar Heryanto  kepada Antara.

Hendrik Brocks, pria berdarah campuran Jawa-Jerman itu sebelum meninggal di kediamannya memiliki riwayat penyakit glaukoma atau gangguan pada saraf mata.

Heryanto sebagai sahabat dekat, sempat menengok Hendrik Brocks dan sudah dalam keadaan lemas tiga hari sebelum tutup usia.

“Namun kemarin saya datang memang sudah lemah,” ujar Heryanto menambahkan.

Semasa hidupnya. Hendrik Brocksatau Hendra Gunawan merupakan atlet balap sepeda dengan beragam prestasi membanggakan bagi Indonesia.

Pria kelahiran Sukabumi 27 Maret 1942 itu memiliki capaian mentereng seperti tiga emas Asian Games 1967 Jakarta cabang olahraga balap sepeda tiga nomor.

Yakni individual Road Race 190 kilometer, Time Trial 100 kilometer, dan Time Roadrace 190 kilometer. Kala itu Hendrik Brocks berpostur 172 centimeter berusia 20 tahun.