Bola Internasional

Berkat FIFA Matchday, Shin Tae-yong Baru Tahu Ada Negara Bernama Burundi di Afrika

Jumat, 24 Maret 2023 19:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku baru mengetahui ada negara Burundi di Afrika. Sebelumnya, dia tak pernah mendengarnya, baik soal sepak bola atau pun asal-usulnya.

Ketika PSSI memutuskan Timnas Indonesia bertanding dengan Burundi untuk FIFA matchday pada 25 dan 25 Maret, pelatih asal Korea Selatan itu baru mencari tahu siapa pemain dan permainan tim asuhan Etienne Ndayiragije.

Burundi adalah negara yang berbatasan dengan Rwanda, Tanzania dan Republik Kongo dan jadi salah satu negara termiskin di dunia.

"Dengan adanya pertandingan A match lawan Burundi, saya baru saja tahu ada tim (bernama) Burundi di Afrika," ujar Shin Tae-yong.

"Mungkin kalau berkata seperti ini, bisa saja banyak yang hujat. Tapi saya belum tahu ada negara Burundi sebelumnya," lanjutnya.

Setelah mengetahui lawannya adalah negara ranking 141 FIFA, Shin Tae-yong pun mencari data dan video permainan Saido Berahino dan kawan-kawan. Baginya, tim dari Afrika selalu punya keunikan dan tidak bisa dianggap remeh karena punya fisik kuat.

"Jadi dengan adanya uji coba ini, saya mulai nonton pertandingannya. Dan tetap juga seperti tim Afrika, punya keunikan sendiri dari tim Afrika," jelas Shin Tae-yong.

Meski tak terlalu tahu soal kekuatan Burundi, Shin Tae-yong menegaskan akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik. Kemenangan tentu jadi target utama.

"Kami akan mempersiapkan pertandingan besok dengan baik supaya tidak mengecewakan fans dan masyarakat Indonesia di kandang kita. Jadi selamat menonton besok," ujarnya.