Bola Internasional

STY Sebut Kondisi Elkan Baggott Belum Oke, Batal Duet Bareng Jordi Amat?

Jumat, 24 Maret 2023 19:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengabarkan jika kondisi bek tengah, Elkan Baggott, belum fit seratus persen. Ada kemungkinan pemain keturunan Inggris itu tidak diturunkan atau dicadangkan saat lawan Burundi, Sabtu (20/03/23).

Awalnya, Shin Tae-yong ingin menduetkan Elkan Baggott dengan Jordi Amat. Keduanya belum pernah bermain bersama, karena Elkan absen di Piala AFF 2022 lalu.

Kondisi Elkan saat ini disebut kurang ideal atau hanya sekitar 80 persen sehingga pelatih asal Korea Selatan itu tak mau ambil risiko turunkan pemain 20 tahun itu sejak awal.

"Memang pertandingan besok adalah pertama kali Elkan-Jordi sebagai duet. Ini duet pertama mereka," buka Shin Tae-yong.

"Jujur kondisi Elkan saat ini belum 100 persen, mungkin lebih baik 100 persen agar bisa duet sama Jordi. Tapi saat ini kondisi Elkan 70-80 persen saja, jadi sebenarnya sangat disayangkan," ujarnya.

"Tapi saya jujur penasaran juga karena saya baru (akan) pertama kali lihat juga di pertandingan resmi Jordi-Elkan bermain bersama," tambah pelatih 52 tahun itu.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengabarkan hampir semua pemain siap beraksi lawan Burundi di Stadion Patriot, Bekasi. Mereka telah berlatih sejak tanggal 20 Maret lalu.

Dari 28 pemain yang dipanggil, hanya Shayne Pattynama yang tidak bisa datang. Pemain naturalisasi itu terkendala perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI.

"Para pemain kondisinya sangat baik. Mulai dari Senin, kami jalani TC dan Selasa baru mulai latihan normal ya, dan sampai saat ini lancar, persiapan pun baik," jelas Shin Tae-yong soal persiapan laga pertama lawan Burundi.

"Kalau melihat kondisi para pemain, saya percaya Timnas indonesia bisa menunjukkan yang terbaik untuk pertandingan besok," sambungnya.