Bola Internasional

Bek Tangguh Madura United Jadikan Laga di Timnas Indonesia Sebagai Penghilang Trauma

Sabtu, 25 Maret 2023 15:42 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Kapten Indonesia Fachrudin Aryanto pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Kapten Indonesia Fachrudin Aryanto pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22).

INDOSPORT.COM - Fachruddin Wahyudi Aryanto membawa misi penting dalam kehadirannya bersama Timnas Indonesia selama agenda FIFA Matchday pekan ini.

Ya, Fachruddin menjadi salah satu pemain yang dipanggil Shin Tae-yong menatap dua kali laga uji coba menghadapi Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Bek tangguh berusia 34 tahun itu sekaligus menjadi satu-satunya pemain yang mewakili Madura United di skuat tim nasional Indonesia senior saat ini.

Fachruddin pun menyatakan komitmennya untuk dapat berkontribusi secara maksimal, jika mendapat kepercayaan untuk tampil melawan Burundi.

"Sangat bersyukur, masih dipercaya lagi. Meski kondisi saya sebenarnya belum 100 persen (fit)," ucap Fachruddin Wahyudi Aryanto.

"Tapi jika saya diizinkan untuk bergabung, saya akan berusaha (memberi kontribusi) maksimal," tambah eks bek tengah Sriwijaya FC tersebut.

Pemanggilan ini sekaligus melanjutkan konsistensi Fachruddin dalam membela Timnas Indonesia di level senior, sejak era kepelatihan Shin Tae-yong.

Sebelumnya, dia memberi kontribusi maksimal bersama Indonesia saat Piala AFF 2022 lalu. Sayang, prestasinya sampai di semifinal.

Fachruddin rutin mengisi posisi starter dalam 7 laga timnas ketika itu. Sebanyak 5 laga diantaranya berujung 3 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Namun, rekor tak terkalahkan runtuh di semifinal. Langkah Indonesia terhenti setelah kalah agregat gol 0-2 (0-0 dan 0-2) melawan Vietnam, Januari 2022 lalu.