In-depth

Apa Kabar Driss Fettouhi, Pemain Maroko yang Hampir Bela Timnas Indonesia Karena Paspor Ilegal

Minggu, 26 Maret 2023 07:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram@df_33
Pemain Timnas Maroko, Driss Fettouhi, yang Hampir Bela Timnas Indonesia Karena Paspor Ilegal. (Foto: Instagram@df_33) Copyright: © Instagram@df_33
Pemain Timnas Maroko, Driss Fettouhi, yang Hampir Bela Timnas Indonesia Karena Paspor Ilegal. (Foto: Instagram@df_33)

INDOSPORT.COM - Masih ingat dengan Driss Fettouhi? Ya, ia merupakan pemain asal Maroko yang hampir saja membela Timnas Indonesia karena memiliki paspor ilegal.

Driss Fettouhi sempat membuat jagat sepak bola Tanah Air geger pada 2016 silam. Ketika itu, ia mengaku punya paspor Indonesia saat bermain di klub Qatar, Al Kharaitiyat.

Hal ini membuat Timnas Indonesia yang ketika itu di latih oleh Alfred Riedl tertarik memanggil Driss Fettouhi untuk ajang Piala AFF 2016.

Akan tetapi, setelah ditelusuri ternyata paspor sang pemain didapatkan secara ilegal. Ia sengaja mendapatkan dikumen secara ilegal sebagai bekal agar bisa merumput di Asia.

Mengutip dari berbagai sumber, paspor Indonesia Driss didapat Fettouhi pada 2013. Ia mendapatkannya ketika Timnas Maroko ikut ajang Islamic Solidarity Games di Palembang.

Salah seorang pejabat Indonesia kemudian memproses paspor untuk Fettouhi karena ia dianggap bermain impresif di ajang tersebut. Namun faktanya, Fettouhi malah tidak masuk dalam 25 pemain Maroko yang ada di Palembang. 

Karena adanya laporan bahwa dia memiliki paspor palsu membuat Al Kharaitiyat SC tidak mau mengambil resiko dan langsung memecatnya.

"Al Kharaitiyat telah menyelesaikan rincian untuk mengontrak secara resmi (Erik Paartalu) menggantikan pemain Maroko-Indonesia, Driss Fettouhi, yang tidak bisa melengkapi dokumen pendukung guna membuktikan kewarganegaraannya," tulis media Al-Sharq.

Sebelum kasus ini, Wanderley Santos Monteiro Junior selaku pemain Al Nasr juga ketahuan punya paspor Indonesia yang didapat dengan cara ilegal.

Namun bagaimana kabar Driss Fettouhi saat ini? Apakah masih aktif bermain sebagai pemain profesional? Berikut INDOSPORT telah merangkumnya: