In-depth

Bukan Salah Conte atau Mourinho, Tottenham Hotspur yang Tidak Ingin Juara

Selasa, 28 Maret 2023 02:51 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Paul Childs
Antonio Conte, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS/Paul Childs Copyright: © Reuters/Paul Childs
Antonio Conte, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS/Paul Childs

INDOSPORT.COM - Antonio Conte baru saja mengalami nasib sama seperti Jose Mourinho yakni dipecat oleh raksasa Liga Inggris (Premier League), Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur mengakhiri kerja sama dengan Antonio Conte setelah mengabdi 1 tahun 4 bulan pada Minggu (26/03/23) lalu.

Hampir mirip dengan Jose Mourinho, Tottenham Hotspur juga memecat pelatih asal Portugal itu ketika mengabdi 1 tahun 5 bulan.

Saat merekrut Jose Mourinho, Tottenham Hotspur berharap mampu meraih gelar juara. Apalagi pelatih yang kini menangani AS Roma tersebut memiliki segudang riwayat kesuksesan.

Akan tetapi Jose Mourinho gagal mempersembahkan gelar juara bagi Spurs. Ia hanya mampu membawa Harry Kane dkk ke final Piala Liga Inggris 2021.

Pemecatan pelatih dengan julukan The Special One itu terjadi pasca hasil imbang 2-2 dengan Newcastle United pada April 2021.

Seusai pertandinga, ia sempat mengeluh kalau timnya tidak bisa bermain sesuai yang dirinya harapkan. Kemudian 15 hari setelah pernyatan tersebut, manajemen memecatnya.

Hal yang hampir sama juga terjadi di era Antonio Conte. Tottenham Hotspur merekutnya karena memiliki riwayat kesuksesan yang bagus.

Namun Antonio Conte bahkan tidak mampu membawa Spurs meraih gelar juara. Bedanya dengan Mouriho, Spurs era Antonio Conte gagal lolos ke partai puncak kompetisi manapun.

Conte juga sempat mengeluh sama seperti Mourinho. Pasca hasil imbang 3-3 kontra Southampton pada 18 Maret 2023 lalu, ia menyebut para pemainnya sangat egois.

Hal ini membuat manajemen Tottenham Hotspurs kemudian mendepaknya, setelah sempat memimpin Son Heung-min dkk dalam dua laga.

Lantas apa yang membuat Tottenham Hotspur bisa gagal mendapatkan gelar di era dua pelatih hebat yaitu Jose Mourinho dan Antonio Conte?