Bola Internasional

Dikecam Banyak Pihak, Jusuf Kalla Justru Dukung Israel Tampil di Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 16:45 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Mantan wakil presiden Jusuf Kalla mengungkapkan dukungannya untuk Israel yang banyak ditolak kehadirannya oleh banyak pihak di Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Mantan wakil presiden Jusuf Kalla mengungkapkan dukungannya untuk Israel yang banyak ditolak kehadirannya oleh banyak pihak di Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM – Mantan wakil presiden Jusuf Kalla mengungkapkan dukungannya untuk Israel yang banyak ditolak kehadirannya oleh banyak pihak di Piala Dunia U-20 2023.

Jusuf Kalla yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Masjid Indonesia (DMI) ikut serta menyoroti penolakan Israel di Piala Dunia U-20 yang akan dihelat di Indonesia.

Penolakan ini terjadi karena konflik Israel-Palestina yang berkelanjutan sejak 70 tahun lalu. Indonesia yang mengusung politik bebas aktif sendiri turut mengecam Israel.

Kecaman terhadap Israel ikut serta diserukan beberapa politisi dan tokoh agama terkait dengan keikutsertaannya di gelaran sepak bola bergengsi, Piala Dunia U-20.

Namun, Jusuf Kalla malah memberikan pandangan yang berbeda. Mantan wakil presiden dua periode itu malah mendukung Israel agar bisa tampil di Piala Dunia U-20.

JK yang ditemui awak media menghadiri buka puasa bersama di Phnom Penh, Kamboja itu menuturkan dengan diterimanya timnas Israel di Piala Dunia mendatang bisa berdampak positif juga untuk Palestina.

“Jadi kalau Indonesia menerima kehadiran Israel dalam keikutsertaannya di Piala Dunia U-20, justri menunjukkan peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak Palestina,” ungkap JK.

Selain itu, menurut Jusuf Kalla, dengan keikutsertaan Israel dapat membuka dialog perdamaian demi memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina.

Sekadar informasi, Indonesia saat ini berada di ambang pilu karena drawing Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan dihelat di Bali batal terlaksana.

Selain itu, muncul desas-desus FIFA akan mengalihkan tuan rumah Piala Dunia U-20. Argentina hingga Peru santer dibicarakan akan menggantikan Indonesia menjadi tuan rumah.