Bola Internasional

Gibran Beri Dukungan Buat Erick Thohir di Tengah Polemik Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 20:55 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Polemik Piala Dunia U-20 terus bergulir. Hal ini mungkin yang membuat Gibran Rakabuming beri dukungan kepada Ketum PSSI yang baru, Erick Thohir. 

Indonesia sudah mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2019. Kala itu, rencananya ajang tersebut akan main pada 2021 tapi akhirnya diundur jadi di tahun 2023 karena pandemi Corona. 

Namun, ketika sudah mulai memasuki tahap final terdapat satu polemik, yakni adanya penolakan terhadap Timnas Israel. 

Hal ini membuat Indonesia dalam bayang-bayang sanksi FIFA, salah satunya status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akan dicabut. 

Kondisi tersebut menjadi salah satu batu sandungan terbesar bagi Erick Thohir yang baru menjabat Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027. 

Erick Thohir sendiri bertekad membawa trah sepakbola Indonesia melenggang ke level lebih tinggi, dengan menjadikan Piala Dunia U-20 sebagai batu loncatan.

Tapi pada kenyataannya hal itu sangat susah dilakukan mengingat gejolak yang masih terjadi di dunia sepakbola Tanah Air saat ini. 

Gelombang penolakan Israel ini bertambah panas seiring pernyataan tegas dari sejumlah daerah yang menggaungkan aksi tolak Israel. 

Menanggapi itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka secara singkat menyatakan dukungannya kepada PSSI agar bisa mencari solusi terbaik atas permasalahan ini. 

"Saya di belakangnya pak ET (Erick Thohir)," kata Gibran melalui akun Twitter-nya pada Selasa (28/3/23).