Bola Internasional

Gelar Aksi Pita Hitam Buntut Batalnya Piala Dunia U-20, PSSI Malah Panen Hujatan

Jumat, 31 Maret 2023 09:50 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Indra Citra Sena
© LOC/PSSI
Para pemain Timnas Indonesia kenakan pita hitam usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © LOC/PSSI
Para pemain Timnas Indonesia kenakan pita hitam usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Aksi PSSI menggelar ikat pita hitam sebagai bentuk duka atas gagalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Gerakan tersebut malah menuai hujatan dari warganet.

Seperti diketahui, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dengan dalih situasi terkini.

Banyak spekulasi yang menilai bahwa kegagalan tersebut buntut dari adanya gelombang penolakan terhadap keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20.

Dalam keterangan resmi FIFA, hal itu sejatinya sama sekali tidak disebutkan sebagai alasan pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Pihaknya berdalih sepak bola Tanah Air masih dalam proses transformasi.

Alhasil, seluruh pecinta sepak bola Indonesia kecewa termasuk PSSI, Presiden Jokowi, penggawa timnas U-20 dan para ofisial timnas yang sudah mempersiapkan even ini dari jauh-jauh hari.

Sebagai simbol duka atas pupusnya mimpi penggawa Garuda muda berkancah di kompetisi internasional, PSSI lantas menggelar aksi pita hitam.

Dilansir dari unggahan Twitter, PSSI menampilkan sejumlah foto yang memperlihatkan beberapa pemain timnas Indonesia U-20 mengikatkan pita hitam di lengan kiri.

Selain itu, Federasi Sepak bola Indonesia tersebut juga menguatkan para pemain dan meminta untuk tetap berjuang bersama.

Alih-alih mendapat simpati dari warganet, postingan tersebut justru menuai hujatan. Unggahan aksi pita hitam yang di-retweet oleh salah satu pengamat politik, Rocky Gerung, dibanjiri kritikan pedas.

Rocky Gerung sendiri menilai bahwa aksi yang dilakukan oleh PSSI tersebut dibilang norak. Pasalnya, timnas Indonesia bisa ikut Piala Dunia U-20 karena privilege sebagai tuan rumah.