Liga Indonesia

Pahami Kekecewaan Skuat Timnas U-20, Nadeo Argawinata Beri Pesan Menyentuh

Jumat, 31 Maret 2023 08:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© nadeowinataa
Selebrasi Nadeo Argawinata di timnas Indonesia. Copyright: © nadeowinataa
Selebrasi Nadeo Argawinata di timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kiper Bali United, Nadeo Argawinata, bisa memahami kekecewaan yang kini dirasakan segenap personel timnas Indonesia U-20. Namun, dia meminta I Made Tito Wiratama dkk. tak berputus asa.

FIFA sudah resmi mengumumkan pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pencabutan itu sekaligus menghilangkan slot tampil melalui jalur tuan rumah.

Alhasil, persiapan panjang yang sudah dilakukan untuk menggembleng timnas Indonesia U-20 terasa sia-sia. PSSI ingin Piala Dunia U-20 menjadi panggung pemain muda berkarier di level internasional.

Kini, yang tersisa tinggal kekecewaan. Para pemain menunjukkan reaksi via media sosial pribadinya, termasuk berkomentar di akun-akun pejabat yang menolak kehadiran Israel.

Nadeo Argawinata termasuk pihak yang ikut merasakan kekecewaan itu. Baginya, timnas Indonesia U-20 ini sudah dipersiapkan secara matang dalam jangka waktu lama.

"Pastinya sangat disayangkan karena mereka (timnas U-20) memiliki persiapan yang cukup lama, kurang lebih tiga tahun terakhir," kata Nadeo Argawinata, Kamis (30/3/23).

Namun, Nadeo tak ingin bahwa kekecewaan terus berlarut dirasakan para pemain. Masih ada perjalanan panjang yang akan dilalui anak-anak muda ini.

"Pesan saya ialah kalian masih muda dan perjalanan karir kalian masih panjang, jangan berputus asa dan berpuas diri juga," tutur Nadeo.

Menurut Nadeo, tampil di Piala Dunia U-20 jelas menjadi impian setiap pemain muda. Namun ketika kini impian itu hampir sirna, bukan berarti perjalanan sebagai pesepak bola akan berhenti.

Ada banyak ajang lain yang bisa diikuti Arkhan Fikri dkk. Dari jalur itulah prestasi lain bisa didapatkan para pemain muda Indonesia.

"Intinya masih banyak hal di depan kalian yang harus kalian capai dan tetap semangat untuk bisa membahagiakan orang tua, keluarga, dan juga negara," harap Nadeo Argawinata.