Liga Indonesia

Gelandang Asing PSS Nikmati Ramadan Pertama di Indonesia, Ada Kuliner Favorit untuk Berbuka

Sabtu, 1 April 2023 10:46 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Gelandang bertahan PSS Sleman, Jihad Ayoub. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Gelandang bertahan PSS Sleman, Jihad Ayoub. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Jihad Ayoub, tak merasakan perbedaan ketika baru pertama menjalani Ramadan di Indonesia. Ia menikmati momen berbuka, terutama ditemani semangkuk es pisang ijo.

Jihad merupakan pemain yang berasal dari Lebanon. Ia cukup lama berkarir di Lebanon hingga sempat merasakan panggilan dari Timnas Lebanon.

Barulah pada tahun lalu pemain kelahiran Venezuela ini merantau ke Asia Tenggara, dengan membela PSS Sleman di Liga 1 2022/2023.

Ketika tinggal di sebuah negara baru, tentu saja ada banyak hal baru yang ditemuinya. Sebelum Liga 1 memasuki babak akhir, Jihad Ayoub berkesempatan merasakan Ramadan di Indonesia.

Jihad mengaku tak merasakan perbedaan ketika menjalani puasa di Indonesia maupun Lebanon. Namun, ia senang melihat bagaimana masyarakat Indonesia, terutama Sleman menyambut datangnya Ramadan.

"Ini pertama kalinya saya menjalani ibadah puasa di Indonesia. Sejujurnya, saya tidak merasa ada bedanya dengan saat di Lebanon. Mungkin hanya saya sangat senang melihat antusias umat muslim di Indonesia dalam menjalankan ibadah puasa," kata Jihad Ayoub.

Perbedaan mungkin terletak pada menu berbukanya. Di Indonesia, Jihad Ayoub bisa menemukan banyak kuliner yang berbeda bila dibandingkan di Lebanon.

Ia mengaku cukup senang dengan es pisang hijau. Hidangan yang populer di Makassar ini memiliki cita rasa yang cocok untuk melepas dahaga.

Tentu saja es pisang hijau dapat dengan mudah ditemuinya karena sebelum populer di Makassar, menu favorit berbuka ini dibawa pedagang dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke Sulawesi.

"Es pisang hijau menurut saya menjadi santapan yang enak saat berbuka puasa. Saat pertama kali saya coba itu percampuran manis dari buah pisang yang menurut saya juga menyehatkan," tutur Jihad.