Liga Indonesia

Piala Dunia U-20 Batal, Shin Tae-yong Resmi Bubarkan Timnas Indonesia U-20

Sabtu, 1 April 2023 19:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, secara resmi membubarkan pemain skuad Garuda Nusantara mulai Sabtu (01/04/23) menyusul batalnya Piala Dunia U-20. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, secara resmi membubarkan pemain skuad Garuda Nusantara mulai Sabtu (01/04/23) menyusul batalnya Piala Dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, secara resmi membubarkan pemain skuad Garuda Nusantara mulai Sabtu (01/04/23). Itu karena Piala Dunia U-20 tidak jadi dimainkan di Indonesia.

Timnas U-20 batal beraksi di Piala Dunia U-20 setelah FIFA mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah. Keputusan diambil berdasarkan keadaan yang terjadi di Indonesia yakni maraknya aksi penolakan Timnas Israel U-20 bermain di Indonesia. 

Karenanya, dengan berat hati Shin Tae-yong memulangkan anak asuhnya untuk sementara ke klubnya masing-masing. Tidak ada lagi pemusatan latihan ke Korea Selatan, seperti yang diagendakan sebelumnya. 

"Setelah ini akan dibubarkan ya pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 kemarin," buka Shin Tae-yong.

"Pak Presiden tadi bicara, beliau selalu nonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik. Tapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar, dan tidak bisa ikut," ujar STY selepas bertemu Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (01/04/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Setelah memulangkan pemain Timnas U-20, Shin Tae-yong akan rehat sejenak. Dia akan fokus memantau pemain tim senior menuju FIFA match day pada Juni mendatang.

Juru taktik asal Korea Selatan itu tak bisa dampingi Timnas U-23 yang akan beraksi di SEA Games 2023. Skuad Garuda Muda sudah diserahkan ke Indra Sjafri sejak jauh hari karena fokus Shin Tae-yong adalah ke Timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 yang akhirnya dibatalkan.

"Memang karena kemarin bentrok ya, SEA Games sama Piala Dunia U-20 jadi mau tidak mau enggak bisa pegang Timnas SEA Games," katanya.

"Jadi akhirnya sekarang coach Indra yang pegang (Timnas U-22) dan memang tidak ada jadwal apa-apa sampai tanggal 10 juni. Jadi mungkin harus dipikirkan agenda selanjutnya apa," kata Shin Tae-yong.