In-depth

PSM Makassar Juara Liga 1, Kesabaraan dan Kesetiaan Wiljan Pluim Berbuah Manis

Sabtu, 1 April 2023 20:53 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak ada pemain PSM Makassar yang rasanya lebih pantas ketimbang Wiljan Pluim untuk merayakan gelar Liga 1 2022/2023. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak ada pemain PSM Makassar yang rasanya lebih pantas ketimbang Wiljan Pluim untuk merayakan gelar Liga 1 2022/2023.

INDOSPORT.COM - Tidak ada pemain PSM Makassar yang rasanya lebih pantas ketimbang Wiljan Pluim untuk merayakan gelar Liga 1 2022/2023.

Kesabaran dan juga kesetiaanya memperkuat Juku Eja untuk waktu yang lama layak diganjar dengan trofi juara liga yang akhirnya datang setelah enam musim lamanya bercokol di ibu kota Sulawesi Selatan.

Percaya atau tidak, Pluim adalah pemain asing dengan masa pengabdian untuk satu klub paling lama di Liga 1 saat ini.

Gelandang serang 34 tahun berpaspor Belanda tersebut sudah berbaju PSM sejak Agustus 2016.

Bahkan di PSM pun hanya ada satu pemain saja yang lebih senior darinya yakni Rasyid Bakri, rekan duetnya di lapangan tengah yang merupakan one man club dengan masa bakti 11 tahun sembilan bulan.

Bukan sesuatu yang biasa memang mengingat pemain asing di sepakbola Indonesia kerap kali menjelma menjadi kutu loncat.

Dari musim ke musim bisa saja mereka selalu berganti klub. Entah itu karena alasan performa yang kurang memuaskan atau justru permainan apiknya memikat kesebelasan lain yang lebih mapan.

Wiljan Pluim jelas berbeda. Bahkan ketika prestasi PSM di kasta teratas tanah air beberapa kali sempat jeblok.

Pasukan Ramang, julukan lain tim kembanggan warga Makassar tersebut, dalam satu dekade terakhir memang kerap terlibat dalam perebutan gelar juara atau beredar di papan atas namun sempat juga posisi mereka tidak patut dibanggakan.

Di Liga 1 2019, PSM Makassar finis di urutan 12. Bahkan di musim 2021/2022 lalu mereka nyaris terdegradasi usai menempati klasemen akhir 14 dengan dua poin saja yang memisahkan dari zona merah.