Bola Internasional

Kecewa Piala Dunia U-20 Batal, Rahmad Darmawan: Sepak Bola Harusnya Menyatukan

Minggu, 2 April 2023 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan pelatih Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan mengaku kecewa saat Piala Dunia U-20 2023 batal dihelat. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan pelatih Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan mengaku kecewa saat Piala Dunia U-20 2023 batal dihelat.

INDOSPORT.COM - Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Begini luapan kekecewaan dari mantan pelatih Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan.

FIFA membuat pernyataan resmi pada Rabu (29/3/23) malam, yang menyatakan bahwa Piala Dunia U-20 2023 batal dilangsungkan di Indonesia.

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," demikian keterangan dari situs FIFA.

FIFA menyatakan tanggal turnamen tidak akan berubah, yakni pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023, tapi hanya tempatnya saja yang dialihkan, bukan lagi di Indonesia.

Banyak spekulasi bermunculan, mulai dari ketidaksiapan venue pertandingan, Tragedi Kanjuruhan yang memakan korban, hingga penolakan Israel di Piala Dunia U-20.

Di antara spekulasi itu, penolakan terhadap Israel nampaknya menjadi alasan utama mengapa FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Padahal, menurut legenda Timnas Indonesia yang kini melatih klub Liga 1 Barito Putera, Rahmad Darmawan, sepak bola mestinya menyatukan perbedaan pandangan.

Menurut pelatih yang akrab disapa RD itu, apapun suku, ras, dan agamanya, semua embel-embel itu harus sudah terlepas ketika berbicara tentang sepak bola.

"Bagi saya, sepak bola itu salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia, yang bisa menyatukan perbedaan," sebut Rahmad Darmawan, Jumat (31/3/23).

"Jadi, ketika perbedaan apapun itu, ketika kita bicara sepak bola semuanya harusnya mengerti," lanjutnya pada awak media di Stadion Pakansari, Bogor.