Liga Italia

AS Roma dan Lazio Terkena Skandal! Bakal Bernasib Sama Seperti Juventus?

Kamis, 6 April 2023 10:48 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Alberto Lingria
Sergej Milinkovic-Savic dan Paulo Dybala berduel di laga Lazio vs AS Roma (20/03/23). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Sergej Milinkovic-Savic dan Paulo Dybala berduel di laga Lazio vs AS Roma (20/03/23). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM – Selain Juventus, skandal finansial bisa saja menimpa dua klub Liga Italia, AS Roma da Lazio usai penyelidikan yang dilakukan operator kompetisi.

Belakangan, duo Roma, AS Roma dan Lazio kabarnya tengah diselidiki oleh operator kompetisi, terkait dengan skandal penyertaan modal.

Dilansir dari Football Italia, penyelidikan dilakukan oleh otoritas keuangan di Italia yang mencari temuan di beberapa klub, yaitu AS Roma, Lazio, dan Salernitana.

Sebagai catatan, Lazio dan Salernitana sempat dimiliki oleh orang yang sama, yaitu Presiden klub Elang Ibukota, Claudio Lotito.

Kabarnya, investigasi dilakukan dalam dua kesempatan berbeda dan dilakukan oleh penyidik dari wilayah Roma.

Kabarnya, Direktur AS Roma, Dan Friedkin menjadi salah satu sosok yang diincar dalam kasus ini, selain juga eks pemilik, James Palotta.

Friedkin sendiri membeli saham AS Roma dari Palotta pada 2020, sedangkan investigasi soal penyertaan modal ini dilakukan pada laporan keuangan, khususnya soal transfer pemain dari 2017 hingga 2021.

Secara lebih luas, beberapa petinggi Giallorossi, seperti mantan Direktur, Umberto Gandini, Guide Fengea, dan Mauro Baldissoni masuk dalam penyidikam.

Tak hanya itu, eks Direktur AS Roma, Giorgio Francia juga ikut serta dalam kasus ini dan terkait dengan transfer pemain yang dilakukan.

Salah satu temuan yang muncul dalam investigasi awal ini adalah transfer dua pemain, Leonardo Spinazzola dan Luca Pellegrini pada 2019 lalu.