Liga Indonesia

Eks Pemain Asing PSIS di Liga 1 Dideportasi dari Indonesia, Siapa Dia?

Kamis, 6 April 2023 18:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Mantan pesepak bola Liga 1 Indonesia yang pernah mai di PSIS Semarang dideportasi dari Kantor Imigrasi Kelas II Kediri karena overstay selama 90 hari. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Mantan pesepak bola Liga 1 Indonesia yang pernah mai di PSIS Semarang dideportasi dari Kantor Imigrasi Kelas II Kediri karena overstay selama 90 hari. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Mantan pesepak bola Liga 1 Indonesia yang pernah main di PSIS Semarang dideportasi dari Kantor Imigrasi Kelas II Kediri karena overstay selama 90 hari.

Pemain tersebut berinisial WCA berusia 37 tahun. Dia terpaksa dipulangkan ke negaranya Brasil bersama istri dan ketiga anaknya melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (06/04/23) dini hari.

“WNA tersebut merupakan eks pemain sepak bola di Liga 1 yang sudah tidak mempunyai klub karena kontraknya telah habis dengan PSIS Semarang,” jelas Denny Irawan selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kediri dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, Jakarta, Kamis.

“Lalu dia keluar Indonesia dan masuk lagi dengan Visa On Arrival untuk mencari klub baru. Lantaran tidak mendapatkan kontrak baru sehingga overstay dan melaporkan diri ke Kantor Imigrasi Kediri,” sambungnya.

Dalam keterangan resminya, pihak imigrasi memang tidak menuliskan secara gamblang sosok pemain yang dideportasi. Bahkan, foto sang pemain terlihat diblur.

Namun dari keterangan Denny Irawan, pemain yang dimaksud adalah Wallace Costa Alves yang berasal dari Brasil.

Diketahui, Wallace memang sempat berseragam PSIS Semarang selama tiga musim. Dia juga pernah menjabat sebagai kapten bagi tim berjulukan Laska Mahesa Jenar ini.

Sampai akhirnya Wallace resmi berpisah dengan PSIS Semarang pada April 2022 dan kini berstatus tanpa klub, menurut keterangan  dari Transfermarkt.

Sebelum bermain di PSIS Semarang, Wallace Costa tercatat lebih dulu bermain di Persela Lamongan selama dua periode pada musim 2018 dan 2019.

Lebih lanjut, Denny Irawan menjelaskan Wallace Costa dan keluarganya dipulangkan dengan maskapai Qatar Airlines QR 955 rute Jakarta-Doha Qatar dan diteruskan ke Brazil.