Bola Internasional

Stadion GBK Full Booking untuk Konser, Piala Dunia U-17 Sulit Digelar di Indonesia?

Minggu, 9 April 2023 14:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo menemui Shin Tae-yong saat latihan di Gelora Bung Karno (GBK). Mengingat GBK akan dipakai untuk konser, maka upaya Indonesia untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 akan sulit. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo menemui Shin Tae-yong saat latihan di Gelora Bung Karno (GBK). Mengingat GBK akan dipakai untuk konser, maka upaya Indonesia untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 akan sulit.

INDOSPORT.COM - Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sudah dipesan untuk konser musisi internasional. Piala Dunia U-17 2023 sulit digelar di Indonesia?

Sebagaimana diketahui, saat ini ada banyak pihak yang berharap agar Indonesia bisa mengambil alih status tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, yang awalnya di Peru.

FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-17 2023 di Peru, karena sampai kini belum siap secara infrastruktur. Padahal turnamen ini akan dihelat mulai 10 November 2023 nanti.

Mengingat Indonesia sudah berbenah secara infrastruktur jelang Piala Dunia U-20, banyak pihak yang berharap PSSI bisa melobi untuk jadi host Piala Dunia U-17.

Harapan ini juga disampaikan oleh salah satu pengamat sepak bola nasional, Bung Kusnaeni melalui tayangan di Kompas TV.

"Peluang itu menurut saya akan sangat terbuka. Pertama, sudah pasti FIFA mencabut haknya Peru, sehingga sekarang opsinya terbuka (untuk jadi tuan rumah)," jelas Bung Kusnaeni.

"Kedua, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 bagi banyak negara kurang menarik, karena negara-negara Eropa lebih senang kalau mendapat kesempatan tuan rumah Piala Dunia Senior atau Piala Dunia U-20."

"Ketiga, pengambilan keputusan untuk tuan rumah Piala Dunia U-17 itu tidak seberat pengambilan keputusan untuk Piala Dunia Senior, baik putra maupun putri," jelasnya.

Naasnya, harapan tersebut akan sangat sulit untuk diwujudkan, karena Gelora Bung Karno sudah dipesan oleh promotor untuk menggelar konser dari musisi internasional.

Mengingat konser ini akan dihadiri oleh puluhan ribu penonton, maka persiapannya cukup panjang. Tim promotor menyewa GBK pada tanggal 5-17 November, total 12 hari.