Liga Indonesia

Bos Persib Layangkan Surat Keberatan Terkait Jatah AFC Cup Musim Depan

Rabu, 12 April 2023 23:57 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Arif Rahman/INDOSPORT
Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, bicara mengenai peluang Persib juara Liga 1 2022-2023. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, bicara mengenai peluang Persib juara Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung sudah melayangkan surat keberatan terkait jatah AFC Cup musim mendatang, setelah status runner-up di Liga 1 musim lalu tak dianggap. 

Sebagai informasi, berdasarkan keputusan dari AFC yang sudah diinformasikan ke PSSI, ada tiga slot untuk klub Indonesia yang bisa berpartisipasi di dua ajang itu.   

Tapi, ketiga slot tersebut tidak langsung didapat secara otomatis. Klub Indonesia mendapat jatah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup Piala AFC, dan play-off Piala AFC. 

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, Senin (10/04/23), menjelaskan, berdasarkan informasi dan keputusan PSSI, slot peserta di play-off babak Liga Champions Asia akan diwakilkan pemenang play-off kampiun Liga 1 2021-2022, Bali United, menghadapi juara Liga 1 2022-2023, PSM Makassar.  

Atau dalam bahasa sederhananya, juara musim lalu, Bali United, akan diadu dengan juara musim ini, PSM Makassar. Pemenangnya nanti berhak ikut kualifikasi Liga Champions Asia. 

Lalu, tim yang kalah dari babak play-off LCA tersebut, lanjut Ferry, akan dapat tiket langsung atau berhak tampil di penyisihan grup Piala AFC. 

Khusus untuk slot ketiga atau yang berhak mewakili Indonesia di play-off Piala AFC, akan diikuti oleh klub peringkat kedua atau runner-up Liga 1 2022-2023 atau musim ini. Dengan demikian, tak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, idealnya tim runner-up kompetisi memiliki kesempatan untuk berlaga di AFC. Sehingga, pihaknya merasa keberatan status runner-up Persib di Liga 1 2021-2022 yang tidak dianggap.

"Ya itu kita sudah mengirimkan surat keberatan, karena ya idealnya secara aturan juara dan runner-up diikutkan untuk ke AFC dan Champions League, ya kita juga marah kan adanya babak play-off untuk itu," kata Teddy, Rabu (12/04/23). 

Teddy menuturkan, surat keberatan tersebut sudah dilayangkan oleh manajemen Persib setelah PT LIB mengeluarkan keputusan mengenai kuota klub yang akan berlaga di play-off Liga Champions, babak penyisihan grup Piala AFC, dan play-off Piala AFC. 

"Sudah di kirim, setelah adanya kabar dari LIB ya kita langsung berkirim surat," tegas Teddy Tjahjono.