In-depth

Kecerdasan Napoli Mengoperasikan Pabrik Bintangnya: Tepat Mencari Pengganti

Rabu, 12 April 2023 15:35 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS-Jennifer Lorenzini
Giovanni Simeone dari Napoli merayakan gol ke gawang Sassuolo REUTERS-Jennifer Lorenzini Copyright: © REUTERS-Jennifer Lorenzini
Giovanni Simeone dari Napoli merayakan gol ke gawang Sassuolo REUTERS-Jennifer Lorenzini

INDOSPORT.COM - Napoli menjadi salah satu klub di Liga Italia yang cerdas dalam mengambil kebijakan transfer  pemain, karena berani menjual bintang tapi bisa mencari penggantinya dengan tepat.

Napoli secara mengejutkan tampil trengginas di semua kompetisi musim 2022-2023 ini, baik di liga domestik maupun di pentas Eropa. 

Di Liga Italia, Napoli saat ini memimpin dengan torehan 74 poin dari 29 pertandingan. Mereka unggul 16 poin dari pesaing terdekatnya saat ini, Lazio di urutan kedua dengan 58 poin.

Melihat konsistensi penampilan tim besutan Luciano Spalletti dan jarak poin yang jauh, membuat Napoli mempunyai peluang besar untuk merebut scudetto musim ini.

Tidak hanya satu trofi peluang yang dijaga oleh Napoli, tapi dua gelar alias double winner. Satu gelar lagi yang bisa mereka menangkan adalah Liga Champions.

Napoli jadi kuda hitam di Liga Champions musim ini karena mampu melangkah hingga babak perempatfinal, usai mengalahkan Eintracht Frankfurt di 16 besar dengan agregat 5-0.

Harapan sang pelatih, Luciano Spalletti, untuk membawa timnya masuk buku sejarah dalam cerita rakyat Naples pun terwujud sudah. Namun, mimpi untuk terus melangkah lebih jauh belum padam.

Di babak perempatfinal, Napoli akan diadang oleh tim senegaranya, AC Milan. Leg pertama akan berlangsung di San Siro, Kamis (13/04/23) dinihari WIB nanti.

Napoli datang dengan rekam jejak tak baik melawan Milan. Karena pada awal April 2023 ini, mereka dikalahkan di markas sendiri dalam pertandingan Serie A. Skuad asuhan Luciano Spalletti dipaksa menyerah empat gol tanpa balas.

Meski begitu, Spalletti tak gentar. Dia meyakini para pemain memiliki motivasi tinggi untuk bisa mengalahkan Milan pada kesempatan kali ini.

Kiprah moncer Napoli musim ini memang terbilang cukup sensasional dan mengejutkan. Bukan apa-apa, karena di setiap musimnya mereka hampir tidak jadi klub yang diperhitungkan sebagai penantang gelar juara di semua kompetisi, pengusik iya.

Pasalnya pada bursa transfer musim panas kemarin yang menandakan awal langkah Napoli untuk musim ini, Partenopei harus kehilangan banyak pemain bintangnya.

Hal tersebut yang membuat Napoli tak masuk dalam peta persaingan gelar juara saat itu. Menurut catatan Transfermark, total ada tujuh pemai top yang meninggalkan kota Naples.

Mereka adalah Kalidou Koulibaly, Fabian Ruiz, Andrea Petagna, David Ospina, Lorenzo Insigne, Arkadiusz Milik hingga top skor sepanjang masa Dries Mertens.

Namun menariknya, tak ada kepanikan dalam kubu Napoli melepas banyak pilar penting. Sebab dalam kebijakan transfernya sejak 2012, manajemen selalu mengutamakan kesinambungan klub dari sisi ekonomi maupun olahraga.

Jadi dalam kasus ini bisa dibilang Napoli perlu dana segar untuk menghidupi klub, sambil mencari pemain pengganti yang mempunyai harga relatif murah untuk dipoles potensinya jadi bintang.

Berikut beberapa keputusan tepat Napoli yang berani menjual pemain bintangnya dengan harga mahal, tetapi bisa dapat penggantinya yang sepadan tapi harganya murah seperti dilansir dari Squawka.