Liga Indonesia

Kalahkan PSIS, Leonard Tupamahu Tegaskan Mental dan Karakter Bali United

Kamis, 13 April 2023 15:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Bali United
Laga liga 1 antara Bali United vs PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (12/04/23). (Foto: MO Bali United) Copyright: © MO Bali United
Laga liga 1 antara Bali United vs PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (12/04/23). (Foto: MO Bali United)

INDOSPORT.COM - Bek Bali United, Leonard Tupamahu, menilai timnya sudah menunjukkan mentalitas dan karakter yang sesungguhnya ketika menang atas PSIS Semarang 3-2 pada laga pamungkas Liga 1 2022-2023.

Bali United hampir saja mengakhiri kompetisi musim ini dengan kekalahan di Stadion Maguwoharjo, Rabu (12/4/23). Mereka sempat tertinggal dua gol setelah blunder dilakukan oleh Brwa Nouri dan Jajang Mulyana.

Blunder Nouri menjadi awal dari gol Carlos Fortes, ketika backpass-nya mengarah ke Taisei Marukawa. Lalu, sundulan Jajang ketika menghalau crossing Fredyan Wahyu mengarah ke gawang timnya sendiri.

Kejadian itu tak menggoyahkan mentalitas tim. Tiga gol kemudian dicetak lewat Ilija Spasojevic, Eber Bessa dan Brwa Nouri.

Leonard Tupamahu mengatakan, kemenangan pada laga ini membuktikan mentalitas yang dimiliki Bali United.

"Kita tahu ini pertandingan yang tidak mudah. PSIS dalam tren yang bagus dan kita baru saja kalah dua kali. Di pertandingan ini kita juga tertinggal dua gol, tapi kita bisa mengembalikan keadaan," kata Leonardo.

"Ini menunjukkan mental dan karakter Bali United yang sesungguhnya, yang mampu mengejar ketertinggalan. Ini bagus buat Bali United ke depannya," lanjut Leonardo.

Leonard turut angkat bicara tentang blunder Jajang dan Nouri. Menurutnya, blunder itu bukan akhir dari segalanya.

"Aku tadi langsung sampaikan ke Nouri dan Jajang, tidak usah memikirkan yang telah terjadi. Pikirkan passing selanjutnya, heading selanjutnya dan tackle selanjutnya," tegas Leonard.

Sejak awal Leonard sudah yakin bahwa dua rekannya bisa mengatasi tekanan pertandingan. Bali United pada akhirnya tak kebobolan pada babak kedua.

"Aku pikir Jajang dan Nouri punya mental dan karakter yang kuat. Jadi mereka tidak gampang down dalam situasi seperti itu dan bisa kembali bermain bagus lagi," ungkap Leonard.