Liga Indonesia

Bawa PSM Makassar Juara Liga 1, Bernardo Tavares Ungkap Peran Besar Arema FC

Sabtu, 15 April 2023 12:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs PSM Makassar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (03/02/23). Pelatih PSM, Bernardo Tavares mengaku awalnya mengetahui Liga 1 dari sahabatnya di Arema FC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs PSM Makassar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (03/02/23). Pelatih PSM, Bernardo Tavares mengaku awalnya mengetahui Liga 1 dari sahabatnya di Arema FC.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares blak-blakan mengakui ada peran besar dari Arema FC dalam upaya timnya meraih juara Liga 1 Indonesia 2022-2023.

PSM Makassar resmi dinobatkan sebagai juara Liga 1 2022-2023, meski kompetisi belum sepenuhnya rampung. Mereka masih akan menghadapi Borneo FC, Minggu (15/4/13).

Sejauh ini,  PSM Makassar sudah meraih 72 poin dari 33 laga, tidak bisa dijangkau oleh tim yang ada di bawah klasemen mereka, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Padahal, PSM sempat diragukan pada awal kompetisi karena tim tidak memiliki materi pemain bintang, bahkan mayoritas dihuni pemain akademi dan pemain dari Liga 2.

Namun, Juku Eja berhasil membungkam orang-orang yang meragukannya dengan titel juara. Pencapaian ini tak lepas dari kehadiran pelatih Bernardo Tavares.

Baru datang pertama kali ke Indonesia, Bernardo Tavares, pelatih asal Portugal ini langsung membawa timnya juara. Lantas, apa rahasia di balik kesuksesan Tavares?

Bernardo Tavares mengaku mengenal Liga Indonesia dari pelatih Arema FC musim lalu, Eduardo Almeida asal Portugal. Ia sempat mencuri-curi pandang ke Liga Indonesia.

"Saya punya teman baik yang bekerja di sini sebelumnya, Eduardo Almeida. Saya melihat beberapa pertandingannya musim lalu, saat dia masih bersama Arema," ungkap Tavares dalam kanal Youtube Chandra Margatama.

"Saya ngobrol dengan dia, bagaimana di Indonesia, dan setelah saya melihat animo suporternya, dan semangat suporter saat ada pertandingan, membuat saya penasaran."

Namun, tentu saja perjalanan Bernardo Tavares ke Indonesia, hingga membawa PSM Makassar juara Liga 1, tidak semulus itu.