Liga Indonesia

Kondisi Tak Ideal, Pelatih Arema FC Menilai Kekalahan Telak Cukup Wajar Terjadi

Sabtu, 15 April 2023 04:43 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© MO Arema FC
Arema FC bisa dibilang gagal total dalam mencapai misi meraup poin penuh dalam laga pamungkas Liga 1 2022/2023 melawan Bhayangkara FC pada Jumat (14/04/23). (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Arema FC bisa dibilang gagal total dalam mencapai misi meraup poin penuh dalam laga pamungkas Liga 1 2022/2023 melawan Bhayangkara FC pada Jumat (14/04/23). (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC bisa dibilang gagal total dalam mencapai misi meraup poin penuh dalam laga pamungkas Liga 1 2022/2023 melawan Bhayangkara FC pada Jumat (14/04/23).

Harapan menutup pekan ke-34 Liga 1 dengan kemenangan, harus berantakan. Alih-alih mengambil poin, Singo Edan justru menelan kekalahan telak 0-3.

Matias Mier memulai parade gol kemenangan The Guardians pada menit 51. Dua gol lain dilesakkan Sani Rizki Fauzi (53) dan Adam Ahmad Najem (82).

Pelatih Arema FC, Joko Susilo, lantas menilai sebagai hal wajar jika anak asuhnya sampai kalah dengan 3 gol tanpa balas selama 90 menit pertandingan.

Dalam hal strategi, Arema FC tampak kalah. Bhayangkara FC dinilai lebih efektif dengan mampu memanfaatkan setiap momentum secara maksimal.

"Kami tidak mau menurunkan level permainan. Apapun situasinya, kami tetap menyerang secara normal," ucap Joko Susilo dalam post-match press conferrence.

Coach Gethuk, sapaan karib Joko Susilo, pun tahu betul bagaimana penerapan taktikal seperti itu juga mengandung banyak resiko yang mesti ditanggung.

Dan terbukti, Bhayangkara FC sukses memaksimalkan setiap resiko atas taktik ofensif yang diterapkan Arema FC, dengan komposisi pemain tak lengkap.

"Kita tahu, resiko dari taktik seperti ini adalah terkena serangan balik cepat seperti (3 gol Bhayangkara FC) tadi," beber Gethuk.

"Untuk 45 menit pertama kami bisa mengatur kondisi (permainan). Tapi setelah itu, kami tidak bisa memaksa pemain," tambah pelatih berlisensi AFC Pro itu.