In-depth

Tingkahnya Seperti Owner, 4 Pelatih yang Dipecat Usai Cristiano Ronaldo Bergabung

Sabtu, 15 April 2023 15:29 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Ahmed Yosri
Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri Copyright: © REUTERS/Ahmed Yosri
Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri

INDOSPORT.COM Cristiano Ronaldo menjadi pemain top yang kerap diistimewakan oleh klubnya, sampai-sampai dia berperan dalam pemecatan suatu pelatih.

Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola kawasan Asia tepatnya di Liga Arab Saudi. Salah satu klub terkaya di sana, Al Nassr baru saja resmi mengumumkan pemecatan pelatih mereka, Rudi Garcia.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh pihak klub melalui laman resmi dan media sosialnya, pada Kamis (13/04/23) kemarin.

"Al Nassr mengumumkan bahwa pelatih kepala Rudi Garcia telah meninggalkan klub lewat kesepakatan bersama," demikian bunyi pernyataan Al Nassr di akun media sosialnya.

"Para pimpinan dan semua orang di Al Nassr ingin berterima kasih kepada Rudi dan stafnya atas dedikasi selama delapan bulan terakhir."

Perceraian antara Al Nassr dengan Rudi Garcia sebenarnya sudah jadi perbincangan hangat di sepak bola Arab Saudi sejak kemarin, Rabu (12/04/23). 

Itu tak lepas dari kegagalan Al Nassr mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Arab Saudi.

Satu kekalahan dan satu hasil imbang dalam delapan laga terakhir membuat Al Nassr digeser Al Ittihad dari puncak klasemen Liga Arab Saudi dengan selisih tiga poin.

Terbaru, Cristiano Ronaldo dkk ditahan imbang tim papan bawah, Al Feiha, dengan skor 0-0 pada akhir pekan lalu. Performa buruk para pemain Al Nassr membuat hubungan dengan Rudi Garcia menjadi runcing.

Sehingga mendorong klub untuk memecatnya karena kondisi ruang ganti tidak harmonis, serta manajemen tidak puas dengan gaya permainan mantan juru taktik AS Roma itu.

Rudi Garcia sudah menangani Al Nassr sejak Juni 2022. Meski cuma melatih tak sampai satu tahun, Garcia bertahan lebih lama daripada mayoritas pelatih di Liga Arab Saudi yang rata-rata cuma bertahan empat bulan.

Namun ada juga kabar yang menyebut kalau pemecatan Rudi Garcia ternyata didalangi oleh Cristiano Ronaldo.

Jika benar, Rudi Garcia bukanlah pelatih pertama yang dipecat karena ada andil Ronaldo. Pelatih-pelatih ini juga pernah mengalaminya.