Liga Indonesia

Liga 1: PSM Makassar Bisa Tersenyum, Erick Thohir Guyur Bonus Juara Rp2 Miliar

Rabu, 19 April 2023 15:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23).

INDOSPORT.COM - PSM Makassar akhirnya bisa tersenyum lebar karena Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjanji akan memberikan bonus juara Liga 1 Indonesia 2022-2023 sebesar Rp2 miliar.

PSM Makassar baru saja meraih gelar juara Liga 1 2022-2023, namun aura pasukan Juku Eja surut karena sebelumnya dikabarkan bahwa mereka hanya mendapat trofi tanpa adanya hadiah uang tunai.

Hal ini sampai ke telinga Ketum PSSI, Erick Thohir. Dia langsung berkomunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

“Saya sudah tanya ke PT LIB, kenapa tidak ada bonus? Ya memang tidak konsisten. Kalau ditanya bagaimana kepemilikan Liga dan PSSI, sama. Mereka merasa sudah transfer uang ke PSSI," kata Erick Thohir, Rabu (19/4/23). 

Erick melihat situasi ini dikarenakan manajemen keuangan PT LIB dan PSSI belum memadai. Masih terjadi tumpang tindih antar dana satu dengan yang lain.

“Uang AFC, FIFA Forward, uang Liga tidak boleh bercampur-campur. Sejak awal saya bilang, perbaikan manajemen yang profesional, transparan, dan konsisten itu yang diperlukan untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia,” jelasnya.

“Jangan saling menyalahkan, tapi kita harus introspeksi dan memperbaiki, tapi perbaikan tidak bisa langsung menyeluruh," imbuh Erick Thohir.

Tak mau isu itu semakin liar, Erick pun mengambil langkah dengan memberikan bonus sebesar Rp2 miliar kepada PSM Makassar sebagai kampiun Liga 1 2022-2023. Langkah ini harus diambil untuk memutus inkonsistensi PT LIB.

“Kali ini biar saya ambil, saya kasih Rp2 miliar untuk juara (PSM Makassar),” ucap Erick Thohir di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta.