Liga Italia

Flashback! Para ‘Pengkhianat’ Juventus yang Pergi saat Klub Degradasi ke Serie B

Senin, 24 April 2023 13:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty Images
Deretan pemain Juventus yang memilih kabur saat klub sedang alami krisis hingga terdegradasi ke Serie B Liga Italia pada tahun 2006 lalu. Copyright: © Getty Images
Deretan pemain Juventus yang memilih kabur saat klub sedang alami krisis hingga terdegradasi ke Serie B Liga Italia pada tahun 2006 lalu.

INDOSPORT.COM – Deretan pemain Juventus yang sempat kabur saat klub sedang alami krisis hingga terdegradasi ke Serie B Liga Italia pada tahun 2006 lalu.

Seperti diketahui, Juventus memang sering kali terkena skandal yang membuat mereka alami kerugian cukup besar di kompetisi domestik.

Bahkan pada musim ini saja, Juventus juga tersandung kasus cukup serius yakni ‘plus valenza’ dan manipulasi laporan keuangan, yang membuat mereka mendapat sejumlah sanksi.

Kasus ini dilaporkan terjadi pada dua tahun yang lalu, di mana COVISOC, badan pengawas Serie A telah melakukan investigasi terkait kesepakatan yang melibatkan nilai transfer pemain.

Berangkat dari sana, ditemukan sejumlah pelanggaran seperti pemalsuan laporan tahun finansial 2018/19 sampai 2020/21.

Masalah tersebut dilakukan lewat keuntungan modal fiktif dari transfer dan peminjaman pemain serta penghematan fiktif dari hasil pemotongan gaji pemain Juventus.

Imbas dari permasalahan tersebut, Juventus pun telah menerima pengurangan 15 poin di Serie A dan kini harus puas bertengger di urutan 7 klasemen sementara.

Sebelum plusvalenza, kubu Juventus juga diterpa skandal yang tak kalah panas pada tahun 2006 yakni calciopoli yang membuat degradasi ke Serie B.

Kurang dua bulan setelah merayakan scudetto Serie A 2005/2006, Juventus dianggap bersalah atas skandal pengaturan pertandingan.

Namun skandal calciopoli yang menimpa Juventus 17 tahun silam, bisa dibilang sebagai yang terparah lantaran tak cuma turun kasta tetapi juga Si Nyonya Tua ditinggal sejumlah pilar pentingnya.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum: